Jumat, 24 Jul 2020 07:45 WIB

WHO: Jawa Berkontribusi 57 Persen dari Total Kasus Corona di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Petugas lakukan tes swab kepada seorang ASN Tes swab. (Foto: Dian Firmansyah)
Jakarta -

Kasus penularan virus Corona di Indonesia makin meningkat setiap hari. Berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia, grafik data kasus terkonfirmasi positif corona di Indonesia cenderung naik dalam rentang waktu 2 Maret hingga 20 Juli.

"Per 22 Juli, sebagian besar kasus yang dikonfirmasi adalah di Jawa Timur dan Jakarta, diikuti Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan Sumatera Utara. Jawa berkontribusi 57 persen dari total kasus," dikutip dari salinan laporan WHO yang dilansir di situs resminya, Jumat (25/7/2020).

Selain itu, jumlah kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan dirawat di rumah sakit Jakarta sejak awal Juni menurun secara bertahap hingga 7 Juli. Hanya saja, sejak 8 Juli hingga 22 Juli, grafik pasien yang di rawat di rumah sakit di Jakarta cenderung naik.

Melihat jumlah kasus tersebut, Jakarta diharapkan meningkatkan kapasitas dan ruang isolasi serta memantau hunian di rumah sakit darurat Wisma Atlet.

Dalam laporan tersebut, WHO juga menyinggung mengenai angka kematian pasien COVID-19 yang cukup tinggi pada 22 Juli. Tercatat ada 139 kematian, angka tertinggi yang dilaporkan dalam satu hari sejak awal pandemi.

"Kementerian kesehatan baru-baru ini memperluas defisini kematian COVID-19 dan memasukkan kematian kasus suspek COVID-19 tetapi kasus tersebut belum dipublikasikan," jelas WHO.



Simak Video "WHO Kritik Negara-negara yang Berlakukan Larangan Masuk untuk Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)