Jumat, 24 Jul 2020 13:19 WIB

Kok Bisa? 2 Pegawai Salon di AS Positif Corona, 139 Pelanggan Tak Tertular

Ayunda Septiani - detikHealth
Sejumlah negara telah melonggarkan dan membuka lockdown. Salon hingga barber shop buka kembali dengan tetap menerapkan pemakaian masker dan jaga jarak. Ilustrasi penata rambut (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Masker disebut efektif mencegah penularan infeksi virus Corona COVID-19. Laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menemukan (AS), masker dinilai bisa melindungi para pelanggan di sebuah salon dari virus Corona yang dimiliki oleh beberapa pegawai salon yang melayani mereka.

Dua penata rambut di sebuah salon di Springfield, Missouri, AS, mereka dilaporkan terinfeksi virus Corona. Selama masa infeksi atau setelah timbulnya gejala, kedua penata rambut tetap melayani pelanggan selama sekitar satu minggu.

Keduanya selalu mengenakan masker saat melayani pelanggan. Hasilnya, mereka dilaporkan tidak menularkan virus Corona COVID-19 kepada 139 pelanggan yang mereka layani.

CDC mengatakan, dari laporan tersebut dapat menjadi bukti dan pedoman bagi setiap negara untuk semakin menegaskan aturan mengenakan masker untuk menekan penularan virus Corona COVID-19.

"Penerapan kebijakan secara luas mengenai pentingnya menggunakan masker harus lebih ditegaskan," tulis CDC dikutip dari laman Straits Time.

Otoritas kesehatan setempat kemudian melakukan pelacakan kontak dan mengidentifikasi total 139 pengunjung yang pernah dilayani oleh kedua penata rambut.

Diketahui, kedua penata rambut tersebut selalu mengenakan masker bedah berlapis selama berinteraksi dengan pelanggan.

Semua pelanggan pun dipantau selama dua pekan untuk mencari tau apakah ada gejala yang muncul atau tidak. Pemerintah juga menawarkan para pelanggan untuk mengikuti tes PCR.

Hasilnya, dari 67 pelanggan yang bersedia mengikuti tes, tidak ada satupun dari mereka yang dinyatakan terinfeksi virus Corona. Namun, untuk pelanggan yang menolak mengikuti tes juga dilaporkan tidak memiliki gejala selama 14 hari karantina.

Kebanyakan dari pelanggan menggunakan masker kain dan masker bedah. Hanya 4 persen di antara mereka yang menggunakan masker N95.



Simak Video "Masker Apa yang Paling Efektif Tangkal Virus Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)