Jumat, 24 Jul 2020 14:24 WIB

Feby Febiola Gunduli Rambutnya, Kenapa Kemoterapi Sebabkan Rambut Rontok?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
feby febiola botakin rambutnya Feby Febiola botaki rambut. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Aktris Feby Febiola kini tengah berjuang melawan kanker ovarium. Feby pun mengalami kerontokan rambut akibat pengobatan kemoterapi yang sedang dijalaninya.

Bahkan, dalam Instagram Stories miliknya, Feby memperlihatkan penampilan barunya. Ia mencukur habis rambutnya hingga menjadi botak.

Lantas mengapa efek kemoterapi bisa membuat rambut jadi rontok?

Dikutip dari Mayo Clinic, obat-obatan kemoterapi memiliki efek yang kuat, sehingga mencegah kanker untuk berkembang. Namun, obat ini juga bisa menyerang sel-sel lain di dalam tubuh, termasuk akar rambut.

Tak hanya di kepala, kerontokan rambut juga bisa terjadi di bagian tubuh lain, seperti bulu mata, alis, ketiak, dan rambut kemaluan.

Biasanya, rambut akan mulai rontok 2-4 minggu setelah kemoterapi dimulai. Kerontokan pun bisa terjadi sedikit demi sedikit atau langsung dalam jumlah yang banyak.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena rambut akan tumbuh kembali. Dikutip dari Cancer Research UK, dalam beberapa bulan setelah pengobatan kemoterapi selesai, rambut sudah mulai tumbuh. Umumnya, rambut tumbuh lebih lembut dan memiliki warna yang berbeda.

"Biasanya, dalam waktu 4-6 bulan setelah perawatan selesai, Anda sudah memiliki rambut baru dengan kondisi yang baik," tulis Cancer Research UK.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)