Senin, 27 Jul 2020 13:00 WIB

Jessica Iskandar Akui Idap Graves Disease Autoimmune, Penyakit Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jessica Iskandar saat ditemui di studio Trans TV. Jessica Iskandar akui idap graves disease autoimmune, penyakit apa itu? (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, artis Jessica Iskandar kembali memeriksakan kondisi kesehatannya ke rumah sakit. Hal ini pun dibagikannya melalui Channel YouTube miliknya.

Sebelumnya, Jessica disebut mengalami takikardia atau denyut jantung yang berdebar lebih cepat dari kondisi normalnya. Tetapi, setelah memeriksakan kondisinya lagi, dokter memastikan Jessica juga mengalami graves disease autoimmune.

"Kemarin dikasih tau dokter, bahwa sudah dipastikan sakit yang aku alami saat ini namanya graves disease autoimmune," jelas Jessica di channel YouTube miliknya, yang dikutip pada Senin (27/7/2020).

Sebenarnya, apa itu graves disease autoimmune?

Graves disease adalah salah satu penyakit autoimun atau kelainan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan produksi hormon tiroid berlebihan (hipertiroidisme). Dikutip dari Mayo Clinic, penyakit ini umumnya dialami oleh wanita yang usianya di bawah 40 tahun.

Sistem tubuh pada pengidap graves ini bukannya melindungi tubuh, tetapi malah menyerang kelenjar tiroid. Ini membuat kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh.

Apa yang jadi penyebab graves disease ini?

Penyakit graves atau graves disease ini disebabkan akibat adanya kerusakan pada sistem kekebalan tubuh. Pada penyakit graves, sistem kekebalan tubuh ini menghasilkan antibodi TSI (thyroid-stimulating Immunoglobulins). Antibodi tersebut menyerang sel-sel tiroid yang sehat. Meski begitu, penyebab pastinya dari penyakit ini masih belum diketahui secara jelas.



Simak Video "Top 5: Feby Febiola Tampil Botak, Salat Jumat Perdana Hagia Sophia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)