Rabu, 29 Jul 2020 05:15 WIB

Round Up

68 Perkantoran Jadi Klaster Corona, Waspadai Penularan di Tempat Kerja

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ujian tes berbasis komputer (UTBK) untuk masuk universitas digelar di UPN Veteran Jakarta. Tes tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Interaksi dengan banyak orang memungkinkan terjadinya penularan virus Corona COVID-19 di perkantoran (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ada 68 klaster Corona yang dilaporkan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta ditemukan di perkantoran. Dari 68 klaster tersebut, total 440 pekerja dinyatakan positif virus Corona COVID-19 dan diisolasi.

"68 kantor, iya (jadi klaster Corona)," kata Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia saat dihubungi, Selasa (28/7/2020).

Kantor menjadi salah satu penularan Corona dengan tingkat risiko tinggi. Maka dari itu area perkantoran disarankan memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebab, kualitas udara yang tidak baik disebut menjadi salah satu faktor penularan Corona rentan terjadi di kantor.

"Identifikasi berikutnya dari penambahan kasus ini (virus Corona), ternyata penambahan kasus banyak terjadi di lingkungan kerja, dengan kualitas udara yang tidak bagus," kata Achmad Yurianto, yang saat itu masih menjabat sebagai juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube beberapa waktu lalu.

Jika ternyata ada karyawan yang dinyatakan positif virus Corona COVID-19, kantor disarankan untuk melakukan beberapa langkah penyebaran termasuk menutup kantor selama 2 hari. Berikut tahapannya berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri:

  1. Segera lakukan pembersihan dan desinfeksi pada ruangan/area kerja yang terkontaminasi pekerja sakit ODP, PDP atau konfirmasi positif COVID-19.
  2. Tutup ruangan/area kerja yang pernah digunakan oleh pekerja sakit selama minimal 1 x 24 jam sebelum proses pembersihan dan disinfeksi dilakukan untuk meminimalkan potensi terpajan droplet saluran pernafasan.
  3. Pembersihan dilakukan dengan melap semua area kerja pada permukaan-permukaan yang sering disentuh pekerja sakit dengan cairan disinfektan (misalnya meja/area kerja, gagang pintu, pegangan tangga, lift, kran air, dan lain sebagainya).
  4. Melakukan penyemprotan dengan cairan disinfeksi pada ruangan yang terkontaminasi pekerja sakit (seperti ruang kerja, ruang rapat, toilet, ruang ibadah, dan lain sebagainya).
  5. Buka pintu dan jendela ke arah ruang terbuka untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam tempat tersebut. Jika memungkinkan tunggu lagi selama 1 x 24 jam setelah proses pembersihan dan disinfeksi dilakukan.

Jangan lupa, agar tetap aman dari penularan virus Corona khususnya di kantor, karyawan wajib mematuhi protokol kesehatan sebagai berikut.

Berangkat ke kantor

  1. Pastikan dalam kondisi sehat, jika ada keluhan batuk, pilek, demam agar tetap tinggal di rumah.
  2. Menggunakan masker
  3. Usahakan tidak memakai transportasi umum. Jika terpaksa, pastikan melakukan pembayaran secara non-tunai, diusahakan tetap jaga jarak, membawa helm sendiri.
  4. Jika membayar secara cash, langsung menggunakan hand sanitizer sesudahnya.
  5. Tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan, gunakan tisu bersih jika terpaksa.

Saat di kantor

  1. Atur jam masuk kantor menjadi dua bagian (shift). Tujuannya agar kondisi di kantor tidak terlalu ramai.
  2. Atur tempat duduk di kantor sehingga bisa menjaga jarak aman 1-2 meter. Bila memungkinkan tambah penyekat di antara meja kerja.
  3. Jangan lepas masker di dalam ruangan kantor, usahakan untuk selalu dipakai.
  4. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap menyentuh peralatan kantor yang dipakai bersama-sama.
  5. Buka jendela atau sediakan exhaust fan untuk menjamin sirkulasi udara yang baik di area kantor.
  6. Lakukan disinfeksi rutin pada meja kerja atau permukaan lainnya yang sering disentuh bersamaan.
  7. Jangan makan siang bersama-sama dengan rekan kerja. Usahakan bawa bekal sendiri dari rumah dan jangan bergerombol ketika sedang istirahat di kantor.

Sepulang dari kantor

  1. Disinfeksi alas kaki dan barang bawaan sepulang dari kantor.
  2. Jangan menyentuh benda di dalam rumah sepulang dari kantor sebelum mencuci tangan dengan air dan sabun.
  3. Langsung mandi dan ganti pakaian yang bersih.


Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)