Rabu, 29 Jul 2020 13:19 WIB

Sering Lapar Saat Jam Ngantor? Yuk Usir Lapar dengan Cara Ini

Inkana Putri - detikHealth
ngemil saat ngantor Foto: shutterstock
Jakarta -

Rasa lapar memang sering sekali muncul saat ngantor. Hal ini tentunya dapat mengganggu produktivitas saat bekerja. Lapar yang datang tiba-tiba biasanya disebabkan oleh kekurangan energi, bosan, atau terlalu banyak mengonsumsi gula. Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur mengatakan konsumsi gula berlebih juga dapat memicu insulin untuk bekerja lebih keras sehingga timbul rasa ingin makan.

"Gula yang dikonsumsi adalah gula-gula simple yang dengan cepat menaikkan indeks glikemik (GI tinggi) seperti gula pasir, nasi, dan gula sirup. Ini terjadi karena setelah dikonsumsi, gula tersebut dalam 30 menit sudah mencapai puncaknya dalam darah. Akhirnya, gula memicu insulin untuk bekerja lebih keras untuk menumpuk gula tersebut dalam otot dengan cepat," ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.


"Karena cepatnya proses kenaikan gula darah ini dan cepat juga habisnya dalam darah maka timbul lagi rasa lapar dan ingin makan lagi. Itulah alasan kenapa lapar lagi setelah makan besar terutama banyak gulanya," imbuhnya.

Nah, bagi kamu yang suka lapar pas ngantor, yuk simak tips dan trik usir lapar yang dilansir dari Healthline berikut ini.

Konsumsi Protein
Menambahkan lebih banyak protein saat makan dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat makan lebih sedikit. Saat lapar menyerang, kamu bisa pilih camilan tinggi protein seperti yoghurt. Pasalnya, yoghurt dapat mengurangi rasa lapar lebih efektif dibandingkan biskuit atau camilan coklat yang tinggi lemak.

Pilih Makanan Tinggi Serat
Nutrisi serat yang tinggi disebut dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat bisa berfermentasi di usus sehingga menghasilkan asam lemak yang bisa meningkatkan rasa kenyang. Mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian atau kacang-kacangan saat lapar melanda bisa dijadikan pilihan agar kamu kenyang lebih lama. Salad atau buah potong bisa jadi camilan kamu di sela waktu kerja. Selain perut kenyang lebih lama, camilan ini tentu bisa bikin kamu jadi lebih sehat.


Minum Air Sebelum Makan
Bagi kamu yang suka cepat sekali lapar, kamu bisa coba untuk minum terlebih dahulu sebelum makan. Air disebut mampu membantu mengurangi rasa lapar dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Pasalnya, saat minum air, perut akan terasa penuh sehingga otak akan menerima sinyal bahwa perut sudah terisi dan menimbulkan perasaan kenyang.

Makan dalam Porsi Kecil
Mengurangi porsi makan secara tak langsung bisa membantu kamu makan dalam porsi kecil sehingga mengurangi rasa lapar dan ingin makan lagi. Hal ini disebabkan saat makan dengan porsi besar, secara tidak sadar rasa lapar akan meningkat sehingga kamu pun akan cenderung makan lebih banyak.

Fokus Saat Makan
Siapa sangka selain bekerja, aktivitas makan ternyata juga membutuhkan fokus? Saat makan, otak sebenarnya mengetahui apakah kamu benar-benar lapar atau sudah kenyang. Namun, beberapa hal sepele seperti makan terlalu cepat atau makan dalam porsi besar bisa membuat otak kehilangan fokusnya. Oleh karena itu, saat makan sebaiknya perhatikan apa yang kamu makan sehingga kamu tidak makan berlebihan.

Selain menerapkan hal tersebut, kamu juga bisa usir lapar dengan konsumsi Slim & Fit Cookies yang terbuat dari quinoa, oat, dan gandum yang kaya akan serat. Quinoa terkenal sebagai makanan sehat yang tinggi protein, serat dan antioksidan sehingga berguna untuk meningkatan rasa kenyang. Sementara, oat merupakan whole grain alami yang kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, kamu nggak perlu lagi takut lapar di sela waktu kerja.



Simak Video "Liana Tasno Bagikan Tips Ampuh Mengurangi Ngemil"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)