Rabu, 29 Jul 2020 18:56 WIB

Studi Klaim Orang Berbadan Tinggi Bisa Lebih Berisiko Tertular Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
A young child wants to be taller. Big things with becoming big. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Para peneliti dari Inggris, Norwegia, dan Amerika Serikat (AS) melihat ada peningkatan risiko penularan Corona pada orang dengan tinggi tubuh di atas rata-rata. Hal ini disebut berkaitan dengan potensi penularan dari jalur udara alias airborne.

Lewat survei pada 2.000 orang, peneliti melihat berbagai faktor yang kemungkinan dapat mempengaruhi risiko penularan COVID-19. Responden ditanya mengenai berbagai macam hal mulai dari status pekerjaan, pendapatan, hingga pola bepergiannya.

Hasilnya diketahui pria dan wanita dengan tinggi badan di atas 182 cm bisa lebih dari dua kali lipat berisiko tertular Corona bila dibandingkan orang di bawah tinggi tersebut.

Studi tidak menjelaskan bagaimana tinggi badan bisa jadi faktor risiko. Namun, peneliti berhipotesis kemungkinan karena orang dengan tubuh yang tinggi lebih rentan terpapar partikel aerosol.

"Bila droplet yang jatuh ke tanah lebih signifikan, orang-orang yang tinggi mungkin bisa dianggap tidak begitu berisiko terpapar," tulis peneliti yang studinya belum menjalani peer review, seperti dikutip dari Daily Mail pada Rabu (29/7/2020).



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)