Sabtu, 01 Agu 2020 08:24 WIB

Penjelasan Ahli Soal Anggapan Torpedo Kambing Tingkatkan Gairah Seksual

Firdaus Anwar - detikHealth
Panitia kurban Masjid Al Latief Bandung mendistribusikan daging kurban menggunakan wadah dari anyaman bambu atau besek. Hal itu dilakukan untuk mengurangi sampah plastik. (Foto ilustrasi: Yudha Maulana)
Jakarta -

Di momen Idul Adha, ada sebagian orang yang sengaja 'mengincar' torpedo atau testis kambing karena dianggap baik untuk kesehatan seks. Konon katanya, torpedo bisa meningkatkan gairah seksual dan stamina bila dikonsumsi oleh kaum pria.

Dikutip dari Business Insider, sebetulnya tidak ada bukti ilmiah kuat bahwa testis kambing atau hewan lainnya dapat meningkatkan gairah seks. Kepercayaan ini sepertinya sudah mengakar luas di berbagai negara Asia.

Praktisi kesehatan sekaligus akademisi Profesor dr Ari Fahrial Syam,SpPD, KGEH, pernah menjelaskan memang torpedo kambing bisa memiliki kandungan hormon testosteron. Namun, sekali lagi tidak ada bukti bahwa mengonsumsinya akan membawa efek bermanfaat bagi kesehatan seksual.

"Sebenarnya peningkatan gairah seksual terjadi karena multifaktor dan tidak semata-mata berhubungan dengan makanan," kata Prof Ari," kata Prof Ari beberapa waktu yang lalu

Ahli farmasi Joe Graedon dari The People's Pharmacy menjelaskan bahwa hormon testosteron yang disebut berkaitan dengan kesehatan seksual biasanya diresepkan dalam bentuk pil atau krim. Joe tidak yakin orang-orang dapat mendapatkan manfaat dari hormon testosteron lewat konsumsi makanan tertentu.

"Kami ragu Anda bisa mendapatkan dosis hormon yang tepat dari mengonsumsi testis sapi. Jadi kami pikir mengonsumsinya tidak akan terlalu berisiko masalah atau juga bermanfaat," kata Joe seperti dikutip dari situs The People's Pharmacy.

Ada yang menyebut kemungkinan orang-orang merasa jadi lebih bergairah usai mengonsumsi testis hewan karena faktor kepercayaan atau sugesti saja.



Simak Video "Panduan WHO agar Aman dari COVID-19 saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)