Sabtu, 01 Agu 2020 12:24 WIB

Tak Nyaman Ada Sisa Daging Terselip di Gigi? Ini Cara Mengatasinya

Elsa Himawan - detikHealth
Ilustrasi veneer gigi Sisa daging tersangkut di gigi? Lakukan cara ini. (Foto: Getty Images/Cecilie_Arcurs)
Jakarta -

Mengkonsumsi daging di momen Idul Adha bisa menjadi kenikmatan tersendiri. Akan tetapi, biasanya sisa-sisa daging bisa tersangkut pada gigi sehingga menimbulkan rasa risih karena ada sesuatu yang mengganjal.

Sisa-sisa daging bisa tersangkut kemungkinan karena bagian gigi dan gusi yang renggang. Bisa juga disebabkan karena kerusakan gigi, seperti adanya gigi berlubang yang membuat sisa makanan tertinggal di dalam lubang tersebut.

Dalam kasus adanya kerusakan dan penyakit gigi, kamu tidak bisa membiarkannya begitu saja. Perlu segera ditangani oleh dokter, sebelum kerusakannya makin parah.

Oleh sebab itu, untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi, kamu bisa mengantisipasinya dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Berikut cara mengatasi sisa daging yang terselip pada gigi yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Kumur-kumur

Berkumur merupakan upaya sederhana untuk mengatasi daging yang terselip pada gigi. Kamu bisa menggunakan air garam untuk menghilangkan sisa-sisa makanan, membunuh bakteri, dan mengurangi peradangan.

2. Flossing

Dengan menggunakan benang gigi, kamu dapat menarik sisa-sisa daging yang menyangkut. Tak hanya itu, karena bentuknya yang berupa benang, kamu bisa dengan mudah membawanya kemana-mana.

3. Menyikat gigi

Menyikat gigi memang solusi paling tepat untuk mengangkat sisa-sisa makanan di dalam mulut. Biasakan melakukan sikat gigi setelah makan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut mu.

4. Gunakan lidah atau jari

Menggunakan lidah seringkali dilakukan ketika kita tidak memiliki alat apapun dalam menarik daging yang terselip pada gigi. Jika kamu merasa kesulitan menggunakan lidah, bisa juga melakukannya dengan jari tangan. Namun, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih dengan mencuci tangan sebelum memasukkannya pada mulut.

5. Gunakan tusuk gigi

Tusuk gigi seringkali disediakan ketika kita sedang berada di restoran. Benda ini memang dikatakan paling ringkas untuk membersihkan barisan gigi dari sisa makanan yang tersangkut, termasuk daging. Namun, kamu juga harus hati-hati karena bentuk tusuk gigi yang runcing kemungkinan bisa melukai bagian gusi dan gigi.



Simak Video "Panduan WHO agar Aman dari COVID-19 saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)