Senin, 03 Agu 2020 08:09 WIB

Vietnam Sebut Virus Corona yang Kembali Mewabah Lebih Mudah Menular

Firdaus Anwar - detikHealth
Vietnam menjadi satu negara di Asia Tenggara yang boleh dibilang sukses dalam menangani virus corona, disiplin warganya menjadi salah satu kunci sukses begini potretnya. Warga Vietnam saling menjaga jarak satu sama lain. Foto: Getty Images/Linh Pham
Jakarta -

Setelah sebelumnya dianggap berhasil mengendalikan wabah virus Corona COVID-19, Vietnam harus kembali menghadapi kemunculan kasus baru. Kementerian Kesehatan Vietnam melaporkan pada hari Minggu (2/8/2020), ada 34 kasus infeksi sehingga totalnya sudah mencapai 620.

Sumber wabah COVID-19 kali ini datang dari Kota Danang. Namun, otoritas setempat mengaku kesulitan melakukan pelacakan kontak di kota yang sudah memiliki sekitar 200 kasus infeksi tersebut.

"Di Danang, ada banyak sumber infeksi virus, dan masih ada lagi kasus-kasus penularan di komunitas," kata Kementerian Kesehatan Vietnam, seperti dikutip dari Reuters pada Senin (3/8/2020).

Menteri Kesehatan (Menkes) Nguyen Thanh Long mengatakan COVID-19 yang menyerang Vietnam kali ini datang dari jenis atau strain yang berbeda. Jenis ini disebut bersifat lebih mudah menular.

Nguyen menyebut jenis COVID-19 yang baru dapat menginfeksi sekitar 5-6 orang per satu orang terinfeksi. Dibandingkan jenis COVID-19 sebelumnya memiliki angka reproduksi sekitar 1,8 sampai 2,2 orang yang bisa tertular dari satu orang terinfeksi.

Otoritas di Danang kini berusaha meredam wabah dengan tindakan drastis mengerahkan ratusan calon tentara untuk membantu upaya pelacakan kasus dan pengumpulan sampel.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)