Senin, 03 Agu 2020 11:38 WIB

Intip Rahasia Royal Jelly yang Jarang Diketahui Orang

Inkana Putri - detikHealth
jelly Foto: shutterstock
Jakarta -

Madu sering sekali dikenal sebagai obat dari berbagai penyakit, bahkan disebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak kalah dari madu, ternyata royal jelly juga mampu memberikan banyak manfaat termasuk untuk sistem pencernaan. Namun, manfaat royal jelly sepertinya belum diketahui banyak orang.

Melansir Healthline, royal jelly merupakan zat yang diproduksi lebah yang nantinya diberikan untuk makanan sang ratu lebah. Umumnya, royal jelly lebih sering digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit fisik dan kronis seperti berikut.

Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Royal jelly disebut mampu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mempengaruhi tingkat kolesterol dalam tubuh. Sebuah studi selama 12 minggu menemukan kelinci yang diberi royal jelly secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol buruk masing-masing sebanyak 28 persen dan 23 persen.

Menurunkan Tekanan Darah

Royal jelly dapat melindungi jantung dan sistem peredaran darah dengan mengurangi tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan protein spesifik yang terkandung dalam royal jelly dapat mengendurkan sel otot polos di pembuluh darah dan arteri. Hal inilah yang kemudian membuat tekanan darah dalam tubuh Anda menurun.

Mengatur Gula Darah

Bagi Anda yang memiliki gula darah yang tinggi, mungkin Anda bisa coba dengan mengonsumsi royal jelly mulai saat ini. Royal jelly dikatakan bisa meningkatkan kontrol gula darah serta sensitivitas insulin dalam tubuh. Hal ini didukung dengan adanya beberapa penelitian pada hewan yang menunjukkan peningkatan sensitivitas insulin dan efek perlindungan pada pankreas, hati, serta jaringan reproduksi pada tikus diabetes dan gemuk yang diobati dengan royal jelly. Mengonsumsi royal jelly secara teratur disebut mampu mengurangi stress oksidatif dan peradangan.

Mengobati Sakit Mata

Selain penyakit kronis, royal jelly bisa meningkatkan sekresi air mata dengan pengobatan oral. Salah satu penelitian kecil pada manusia yang mengalami mata kering kronis mengalami peningkatan setelah diobati dengan royal jelly secara oral. Meskipun dalam penelitian tersebut tidak ditemukan efek samping, namun rotak jelly masih dijadikan sebagai solusi risiko rendah untuk penyakit mata kering.

Mengobati Sakit Perut

Sama seperti madu, royal jelly juga mengandung vitamin dan senyawa fenolik yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Kedua inilah yang mampu meredakan berbagai gangguan pada lambung seperti kembung, nyeri ulu hati dan lainnya.

Medical Manager Kalbe Consumer Health dr Helmin Agustina mengatakan royal jelly memiliki kandungan nutrisi yang bisa menjaga stamina tubuh. Bahkan, royal jelly juga memiliki anti inflamasi yang dapat mengatasi gangguan lambung.

"Royal jelly sudah dikenal sejak lama dengan segudang manfaat termasuk untuk pencernaan, disamping kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga stamina tubuh, royal jelly juga mengandung anti peradangan dan membantu penyembuhan luka, sehingga sangat tepat untuk membantu mengatasi gangguan lambung," ujar dr Helmin kepada detikHealth baru-baru ini.

Bagi Anda yang mengalami gangguan pada lambung, Anda bisa mengonsumsi Promag Herbal yang mengandung madu, royal jeli, kunyit, jahe merah dan bahan herbal lainnya. Sehingga dapat meredakan perut kembung, mual, dan gangguan lambung lainnya. Kunyit dalam Promag Herbal juga telah dikenal sebagai obat herbal yang bekerja sebagai anti peradangan untuk meredakan iritasi pada lambung.

"Kunyit bekerja melalui efikasi sebagai anti peradangan sehingga dapat meredakan peradangan di lambung. Selain itu kandungan dalam kunyit dapat membantu menambah lapisan lambung sehingga tidak mudah teriritasi oleh asam lambung, dengan demikian lambung keasaman dan gas dalam lambung dapat diatasi," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)