Selasa, 04 Agu 2020 07:00 WIB

Aglonema, Pilea, Monstera Pilihan Tanaman Hias untuk Bersihkan Udara

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi berkebun di rumah Foto: Getty Images/iStockphoto/doidam10/Aglonema, Pilea, Monstera Pilihan Tanaman Hias untuk Bersihkan Udara
Jakarta -

Pandemi membuat banyak orang menghabiskan waktu di rumah untuk menekan risiko penularan COVID-19. Selama di rumah, berbagai hobi dilakukan masyarakat misalnya menumbuhkan tanaman hias.

Bagi yang sedang memulai atau memang punya hobi berkebun bisa memilih tanaman aglonema, pilea, dan monstera. Sejumlah studi membuktikan manfaat tanaman hias tersebut untuk membersihkan udara.

Aglonema, pilea, dan monstera yang bisa membersihkan udara ternyata tak sulit dipelihara tiap hari agar tumbuh subur. Tanaman hias ini tentunya tak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar.

Berikut penjelasan lebih lanjut soal tanaman hias aglonema, pilea, dan monstera untuk membersihkan udara:

1. Tanaman aglonema untuk membersihkan udara

Aglonema adalah tanaman dari keluarga Araceae yang disebut juga dengan nama sri rezeki atau Chinese evergreen. Dikutip dari Rolling Nature, aglonema adalah tanaman yang menjadi bagian dari studi NASA tentang sistem pendukung kehidupan alam.

Selain aglonema, tanaman hias lain yang punya fungsi air purifying adalah anthurium dan syngonium yang juga berasal dari keluarga araceae. Ketertarikan pada tanaman hias yang mampu membersihkan udara meningkat setelah publikasi riset Environmental Protection Agency.

Riset menyatakan, saat ini tiap orang menghabiskan 90 persen waktunya di dalam ruangan. Akibatnya kadar polutan organik berisiko meningkat 2-5 kali lebih tinggi daripada di luar ruangan. Udara yang kotor bisa dibersihkan, salah satunya dengan menanam aglonema di dalam ruangan.

2. Tanaman pilea untuk membersihkan udara

Dikutip dari houzz, piela bisa meningkatkan kualitas udara seperti tanaman hias dalam ruangan lainnya. Tanaman dengan nama lengkap Pilea peperomioides ini adalah pancake plant, missionary plant, atau Chinese money plant.

Sebagai air purification, pilea ternyata sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus. Pilea bisa ditanam di dalam atau luar ruangan dengan suhu minimal 10 derajat Celcius. Tanaman hias ini cenderung menyukai sinar matahari yang tidak langsung dan tanah tidak terlalu basah.

3. Tanaman monstera untuk membersihkan udara

Monstera dengan bentuk daunnya yang khas dan lebar adalah tanaman yang efektif menurunkan polusi udara di dalam rumah. Dikutip dari curbed, jika menanam monstera jangan sampai daunnya yang beracun dimakan anak kecil atau hewan peliharaan.

Tanaman monstera ikut dalam uji coba yang dilakukan NASA pada 1980an, untuk mencari tanaman yang mampu membersihkan udara di dalam ruangan. NASA menemukan beberapa tanaman yang terbuktik mampu menghilangkan polutan dan unsur kimia lain yang berbahaya di udara.

Selain monstera, tanaman hias lain yang bisa membersihkan udara dalam ruangan adalah lidah mertua atau snake plant, bunga lili atau peace lily, dan English Ivy atau hedera helix. Tanamn ini tentunya mudah dipelihara, tidak rewel, serta mampu tumbuh subur jika diberi air dan nutrisi teratur.



Simak Video "Kapan Waktu yang Tepat untuk Gunakan Masker atau Respirator?"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)