Selasa, 04 Agu 2020 06:03 WIB

Saran IDAI Agar Anak Tak Berlebihan Terpapar Gadget Saat Belajar Online

Ayunda Septiani - detikHealth
Anak-anak belajar di Aula Kelurahan Jati Rahayu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/7/2020). Pihak kelurahan menyediakan fasilitas ruang belajar ber-AC dan wifi gratis bagi siswa. Tujuannya untuk membantu siswa yang selama ini sulit memenuhi paket kuota internet untuk belajar sekolah. Anak-anak belajar secara online selama pandemi virus Corona COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)

3. Atur jadwal istirahat

Orang tua juga harus memperhatikan jadwal istirahat anak. Setelah lelah menatap gawai yang cukup lama, berikan anak waktu untuk istirahat seperti, melakukan aktivitas fisik atau bermain.

"Berhenti sementara dari kegiatan terkait gawai, misalnya setelah 45 menit (atau paling lama 1 jam), berdiri dulu, bermain interaktif, makan, ngobrol face to face, dan melakukan aktivitas fisik," tambah dr Mayung.

4. Variasikan kegiatan atau permainan

Selain itu, orang tua juga harus memberikan variasi kegiatan di luar pemakaian gawai. Ada baiknya agar orang tua untuk selalu mendampingi anak dan mendiskusikan aktivitas selanjutnya yang akan mereka lakukan, terlebih jika anak masih berada di usia pra-sekolah.

"Variasikan kegiatan atau permainan dan aktivitas fisik yang tidak menggunakan gawai," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/up)