Selasa, 04 Agu 2020 21:00 WIB

Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Tim detikcom - detikHealth
Penyebab cegukan setelah makan Foto: iStock/Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya Secara Alami
Jakarta -

Cegukan biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak hilang-hilang dalam jangka waktu, cegukan dapat menyebabkan Anda tidak nyaman.

Cegukan adalah suara-suara kecil aneh yang bisa keluar dari mulut Anda yang keluar tanpa pemberitahuan sebelumnya. Namun tahukah Anda mengapa cegukan terjadi?

Cegukan dapat terjadi karena banyak alasan. Beberapa di antaranya bersifat fisik dan sebagian emosional. Hal itu karena iritasi yang sebenarnya terjadi di saraf yang menghubungkan otak ke diafragma.

Beberapa penyebab cegukan antara lain seperti dilansir WebMD:

a. Makan terlalu banyak atau terlalu cepat

b. Merasa gugup atau bersemangat

c. Minum minuman berkarbonasi atau terlalu banyak alkohol

d. Perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba

Cegukan yang berlangsung beberapa saat juga dapat disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat seperti ensefalitis atau meningitis, atau gangguan metabolisme seperti diabetes atau gagal ginjal. Namun ada juga kasus tetapi cegukan yang dapat bertahan lama. Namun kasus ini biasanya jarang terjadi.

Jika Anda cegukan selama lebih dari 2 hari atau cukup parah sampai mengganggu makan, bernapas, tidur atau menyebabkan tertekan, Anda harus membuat janji dengan dokter. Bicarakan segera dengan dokter jika Anda mengalami sakit perut, demam, sesak napas, muntah, atau batuk darah akibat cegukan Anda.

Bagaimana cara menghentikan cegukan?

Beberapa ahli menyebut menahan napas dan menelan tiga kali atau menarik napas dalam-dalam mungkin bisa membantu menghentikan cegukan. Kedua teknik itu bisa membuat karbondioksida menumpuk di paru-paru Anda, yang mungkin membuat rileks diafragma.

Cara menghentikan cegukan lainnya yakni minumlah segelas air. Bisa juga dengan mencampur dengan satu sendok teh gula.

Jika semuanya gagal, dan cegukan Anda berlanjut selama beberapa hari atau lebih, atau ada dampak seperti sakit perut, demam, dan nafas pendek, serta muntah, segera periksa ke dokter. Dokter dapat memberikan obat untuk menghentikan cegukan dan dampaknya.



Simak Video "Game Viral Among Us dan Diagnosa Impostor Syndrome"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)