Kamis, 06 Agu 2020 06:30 WIB

Kenapa Ide Kreatif Sering Muncul di Kamar Mandi? Ini Alasannya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi BAB Ide kreatif sering muncul di kamar mandi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sembari buang air besar ataupun mandi, ide segar kerap muncul begitu saja di kamar mandi. Para ilmuwan sejak lama mencari tahu kenapa bisa begitu.

Scott Barry Kaufman ilmuwan kognitif menemukan bahwa 72 persen orang mendapatkan ide-ide kreatif di tempat-tempat khusus.

"Kami melakukan penelitian multinasional dan menemukan bahwa orang melaporkan lebih banyak inspirasi kreatif di kamar mandi tempat mereka bekerja," ucap Kaufman dikutip dari Thindifference.

Sedikitnya ada dua faktor kenapa ide kreatif sering muncul di kamar mandi:

1. Banyak hormon dopamin yang dilepaskan

Dopamin yaitu salah satu zat kimia di otak berperan mengatur emosi dan sangat penting untuk memunculkan kreativitas. Dopamin dilepaskan ketika Anda sedang merasa rileks seperti mendengarkan musik, berolahraga, dan mandi.

Jika Anda merasa rileks ketika mandi, maka sering kali ide-ide besar muncul.

2. Bersantai

Ketika Anda bersantai, otak tidak diisi oleh hal-hal yang serius atau kritis. Oleh karena itu, mampu membuat pikiran menjadi tenang.

Alasan mengapa sebagian besar ide datang di kamar mandi adalah selama ini Anda tidak memberikan ruang di otak. Saat sedang di kamar mandi, Anda membiarkan pikiran berkeliaran dan melamun. Hal ini memicu mendapatkan ide baru.



Simak Video "Naegleria fowleri, Si Amuba Pemakan Otak yang Mematikan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)