Kamis, 06 Agu 2020 13:04 WIB

Strain Virus Corona di Vietnam Disebut 5-6 Kali Lebih Menular

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Ilustrasi virus Corona. (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Vietnam menyalahkan jenis mutasi atau strain Corona baru yang lebih menular atas lonjakan kasus yang terjadi di negara tersebut. Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long mengatakan jenis virus yang terdeteksi saat ini lebih menular.

"Dengan strain ini setiap orang yang terinfeksi dapat menularkan ke 5-6 orang," kata otoritas kesehatan Vietnam Reuters.

Sebelumnya, pihaknya menyebut jenis Corona yang pertama kali terdeteksi di Vietnam menularkan COVID-19 ke rata-rata 1,8-2,2 orang. Disebutkan oleh para ilmuwan di Vietnam, strain baru yang ada di negara tersebut telah terdeteksi di Bangladesh, Inggris, dan Irlandia.

Kantor Berita Vietnam melaporkan bahwa ada sekitar 133.300 orang dikarantina dan diawasi di negara itu sejak lonjakan yang baru-baru ini muncul di sekitar Da Nang, Vietnam tengah, sejak 2 minggu lalu.

"Hasil pengurutan gen menunjukkan bahwa ini adalah strain baru yang memasuki Vietnam. Mutasi telah meningkatkan kerentanan, menyebabkan tingkat infeksi yang tinggi," tulis otoritas kesehatan.

Dugaan tentang strain baru di Vietnam belum diverifikasi atau dikonfirmasi secara resmi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)