Selasa, 11 Agu 2020 12:00 WIB

Jokowi Sebut Ada Provinsi di Jawa 70 Persen Tak Pakai Masker!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bantuan langsung tunai (BLT) akan diberikan kepada pegawai dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Seperti apa rinciannya? Ilustrasi pakai masker. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo dalam sambutan di kegiatan peninjauan posko penanganan COVID-19 di Bandung, Jawa Barat, menekankan pentingnya penggunaan masker untuk mencegah penularan virus Corona.

"Upayakan kedisiplinan dalam protokol kesehatan utamanya penggunaan masker. Di samping tentu saja yang berkaitan dengan jaga jarak, cuci tangan, tidak berada dalam kerumunan, tapi masker jadi kunci," kata Presiden Jokowi yang disiarkan langsung oleh kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8/2020).

Memakai masker menjadi salah satu upaya untuk memutus penularan Corona. Hanya saja, Presiden Jokowi mengungkap, ada satu daerah di Jawa yang mayoritas penduduknya belum mengenakan masker.

"Tapi memang kita tahu di masyarakat kita, survei-survei yang kita lakukan, saya nggak menyebut provinsinya, 70 persen belum memakai masker. Ini di salah satu provinsi di Jawa," ujarnya.

Dalam dua pekan ke depan, ia berharap agar seluruh komponen daerah memasifkan gerakan penggunaan masker. Salah satu upaya agar lebih banyak yang tertib mengenakan masker, pemerintah akan menertibkan warga.

"Urusan yang berkaitan dengan masker ini kita selesaikan karena akan menyelesaikan banyak hal berkaitan dengan COVID-19," ujar Jokowi.



Simak Video "Respons Kekebalan yang Diharapkan dari Vaksinasi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)