Selasa, 11 Agu 2020 12:30 WIB

Desakan WHO untuk Dunia saat Kasus Corona Tembus 20 Juta

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Negara China, Singapura, dan Jepang adalah negara yang berhasil menghadapi wabah COVID-19 dengan baik. Namun mereka harus mengantisipasi adanya gelombang kedua. Ini desakan WHO saat kasus Corona tembus 20 juta. (Foto ilustrasi: Getty Images)
Jakarta -

Pekan ini, kasus global virus Corona COVID-19 mencapai 20 juta kasus. Sementara worldometer mencatat kasus kematian per hari ini, lebih dari 700 ribu kasus.

"Minggu ini kita akan mencapai 20 juta kasus COVID-19 yang terdaftar dan 750.000 kematian. Di balik statistik ini ada banyak rasa sakit dan penderitaan," demikian pesan pembuka Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam laman resmi WHO.

Meski demikian, WHO menilai masih ada harapan untuk bisa mengendalikan wabah Corona dan membuat kondisi kembali seperti semula sebelum adanya pandemi Corona. Tedros mengambil contoh dalam kasus yang terjadi di Selandia Baru.

"Selandia Baru dipandang sebagai contoh global dan selama akhir pekan Perdana Menteri Jacinda Ardern merayakan 100 hari tanpa transmisi komunitas, sambil menekankan perlunya tetap berhati-hati," lanjut Tedros.

Menurut Tedros, perlu untuk memaksimalkan penanganan Corona dalam beberapa tindakan agar rantai penularan bisa diputus dengan cepat. Salah satunya disebutkan, tracing kontak secara cepat dan investasi besar dalam bidang kesehatan. Hal ini diyakini Tedros bisa menyelamatkan nyawa sekaligus mata pencaharian.

"Rantai penularan telah diputus oleh kombinasi dari identifikasi kasus yang cepat, pelacakan kontak yang komprehensif, perawatan klinis yang memadai untuk pasien, jarak fisik, pemakaian masker, pembersihan tangan secara teratur dan batuk dari orang lain," kata Tedros.

"Apakah negara atau kawasan telah berhasil memberantas virus, menekan penularan ke tingkat yang rendah, atau masih berada di tengah-tengah wabah besar, sekaranglah waktunya untuk melakukan semuanya, berinvestasi pada dasar-dasar kesehatan masyarakat dan kita dapat menyelamatkan nyawa dan mata pencaharian," sebutnya.

WHO mendesak negara untuk mulai mencontoh beberapa negara yang berhasil menekan angka penyebaran virus Corona. Sebab, hal inilah yang menjadi strategi awal untuk memutus rantai penularan.

"Pesan saya sangat jelas: tekan, tekan, tekan virus," desaknya.



Simak Video "Kesalahan Strategi Negara dalam Tangani Corona Menurut WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)