Selasa, 11 Agu 2020 19:15 WIB

Ini Cara 'Sakti' Ridwan Kamil Ajak Masyarakat agar Patuh Pakai Masker

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Warga melintas di dekat mural bergambar simbol orang berdoa menggunakan masker yang mewakili umat beragama di Indonesia di kawasan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020). Mural yang dibuat oleh warga itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan masker sebagai salah satu  pencegahan dan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww. Cara sakti Ridwan Kamil ajak warga pakai masker. (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan bagaimana cara ia mengajak masyarakat untuk patuh menggunakan masker. Menurut Ridwan Kamil, salah satu caranya adalah dengan mengajak masyarakat untuk berpikir mencari solusi terbaik, bagaimana mereka bisa tetap produktif, tetapi terhindar dari risiko penularan virus Corona COVID-19.

"Kajiannya adalah lockdown sama dengan pakai masker itu sama menurunkan tingkat penularan. Tapi kalau lockdown makan korban ekonomi-sosial, kalau pakai masker tidak," kata Ridwan Kamil dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8/2020).

Oleh sebab itu, Ridwan Kamil meyakinkan jika masyarakat ingin tetap bisa produktif, maka masker wajib digunakan setiap beraktivitas. "Makanya keyakinan itu saya sampaikan. Sok kalau mau tidak lockdown atau PSBB lagi, itu cuma satu pakai masker," jelasnya.

"Nah inilah kampanye logika ini kita teruskan," tambahnya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat pada Senin (10/8/2020), total kasus terkonfirmasi positif di Jawa Barat sudah mencapai 7.599 orang, sementara total sembuh sebanyak 4.444 pasien dan 228 lainnya meninggal dunia.



Simak Video "BPOM Akan Cabut Izin Darurat Vaksin COVID-19 Jika Terlalu Berisiko"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)