Rabu, 12 Agu 2020 05:42 WIB

Round Up

Hits di Lapak Online, Alat Penahan Agar Lipstik Tak Rusak Saat Ketutup Masker

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Young woman applying lipstick at a cafe Masker sering bikin lipstik berantakan (Foto: Getty Images/damircudic)
Jakarta -

Viral bracket khusus masker dijual di beberapa lapak online dengan harga murah. Diklaim bisa membuat lipstik tidak rusak dan mengurangi embun di kacamata, tetapi alat ini bisa mengganggu efektivitas tidak ya?

Menurut ahli paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP, pemakaian bracket khusus masker tidak mengganggu efektivitas seperti mencegah paparan virus Corona. Sebab, bracket khusus masker ini hanya membuat jarak antara masker dan bibir saja.

"Nggak sih karena hanya melindungi mulut saja ya jadi membuat jarak antara masker dan bibir, fungsinya hanya estetika saja," jelas dr Erlang saat dihubungi detikcom Selasa (11/8/2020).

masker bracketCangkang masker seperti ini sedang hits di lapak online. Foto: Tangkapan Layar

Meski demikian, dr Erlang menegaskan berbahaya jika pemakaian bracket khusus masker bisa membuat celah dari masker menjadi lebar. Bila seperti itu, penggunaan alat ini sebaiknya dihindari agar tidak menimbulkan risiko paparan Corona.

"Hal ini menjadi berbahaya karena masker tidak melindungi lagi. Karena ada celah. Tentu tidak direkomendasikan karena tadi dapat membuat celah dengan masker," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan detikcom, harga bracket khusus masker di beberapa lapak online dijual dengan harga mulai dari 15 ribu hingga 75 ribu rupiah. Fungsinya disebut bukan hanya membuat lipstik tidak rusak saja, tetapi bisa mencegah jerawat karena menghindari adanya gesekan saat memakai masker.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)