Rabu, 12 Agu 2020 17:13 WIB

8 Film tentang Virus, Jangan Ditonton di Juragan Film dan Bioskopkeren

Tim detikcom - detikHealth
The Flu Foto: Istimewa/8 Film tentang Virus, Jangan Ditonton di Juragan Film dan Bioskopkeren
Jakarta -

Film tentang virus merupakan tema film layar lebar yang lagi banyak dicari selama pandemi COVID-19. Soalnya bagi penikmat film, ada sejumlah judul film yang alur ceritanya hampir mirip dengan situasi wabah COVID yang masih terjadi sampai saat ini.

Film-film tentang virus itu sudah tayang pada tahun-tahun yang lalu. Bahkan ada juga film yang mirip dengan virus corona yakni berjudul Corona. Ada juga film yang isinya hampir mirip dengan situasi sekarang.

Penasaran kan dengan film-film tentang virus. Simak dulu daftarnya sebelum menonton film tentang virus ya. Jangan lupa agar jangan menonton di situs ilegal seperti Juragan Film dan Bioskopkeren. detikers bisa menontonnya di situs legal seperti Netflix, Viu, IndiHome dan sebagainya:

Berikut film tentang virus:

1. Contagion

Film Contagion.Film Contagion. Foto: Dok. Warner Bros

Contagion adalah sebuah film tentang virus di Amerika yang dirilis tahun 2011 dan disutradarai oleh Steven Soderbergh. Film ini dibintangi oleh Gwyneth Paltrow, Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle.

Film Contagion berkisah tentang penyebaran virus berbahaya dan upaya para peneliti medis dan petugas kesehatan untuk mengidentifikasi penyakit akibat virus tersebut. Mereka juga gencar mencari vaksin untuk menghentikan penyebaran virus itu.

Penulis skenario film itu, Scott Z. Burns, terinspirasi dari berbagai pandemi yang terjadi seperti epidemi SARS pada tahun 2003 dan pandemi flu tahun 2009. Dia pun berkonsultasi dengan perwakilan dari Organisasi Kesehatan Dunia serta dari beberapa ahli medis.


2. Outbreak

Outbreak adalah sebuah film tentang virus yang dirilis tahun 1995. Film garapan Wolfgang Petersen ini berdasarkan pada buku nonfiksi Richard Preston The Hot Zone. Film itu dibintangi oleh Dustin Hoffman, Rene Russo, Morgan Freeman, Cuba Gooding Jr., Kevin Spacey, Donald Sutherland dan Patrick Dempsey.

Outbreak berkisah tentang virus baru yang muncul di sebuah kota kecil di Amerika. Para ilmuwan pun berpacu dengan waktu untuk menghentikan penyebarannya. Namun mereka harus berurusan dengan seorang jenderal Angkatan Darat yang menginginkan virus untuk dijadikan sebuah senjata biologi.


3. The Flu


The Flu tentang virus Korea Selatan yang rilis tahun 2013. Film ini disutradarai oleh Kim Sung-su dan dibintangi oleh Jang Hyuk dan Soo Ae. The Flu mirip dengan film Contagion, yang mematikan dan menyerang manusia.

Film ini berkisah tentang wabah virus H5N1 yang mematikan ini bercerita tentang kelompok imigran dari Filipina, yang diselundupkanv ke Korsel dalam kontainer. Di dalam kontainer tersebut, terdapat salah satu imigran yang membawa virus dan menyebabkan seisi kontainer meninggal.

Saat dibuka kontainer tersebut menjadi malapetaka bagi Korsel. Virus ini pun menular ke kota di Korsel melalui udara. Film itu juga bukan hanya menyorot Korsel saja melainkan seluruh dunia. Mirip dengan virus corona bukan?

4. 28 Days Later

Film karya sutradara Danny Boyle ini dirilis pada tahun 2002 dan dibintangi antara lain oleh Cillian Murphy, Naomi Harris, Noah Huntley. 28 Days Later berkisah tentang virus yang menyebar di London. Film ini berasal dari Simpanse dan menyebar ke seluruh London. Nah, setelah 28 hari, Jim, pria yang berprofesi sebagai kurir, terbangun dari koma dan kebingungan dengan keadaan London yang benar-benar sepi.

5. Train to Busan

train to busantrain to busan Foto: IMDB

Film Train to Busan disutradarai oleh Yeon Sang-ho dan dibintangi oleh Gong Yoo, Jung Yu-mi dan Ma Dong-seok. Film tersebut tayang pada 2016 dan disebut sebagai film Korea pertama pada 2016 yang memecahkan rekor lebih dari 10 juta penonton.

Train to Busan bercerita tentang kereta yang sedang dalam perjalanan menuju kota Busan. Dala kereta itu, ada seseorang yang mengidap virus mematikan. Virus tersebut pun menyebar di dalam kereta tersebut. Orang-orang tertular virus itu berubah menjadi zombi. Train to Busan pun dibuat sekuelnya yakni Train to Busan 2: Peninsula yang penayangannya direncanakan tahun ini.

6. I am Legend

Cuplikan film 'I Am Legend'.Cuplikan film 'I Am Legend'. Foto: Dok. Warner Bros

I am Legend adalah film tentang virus yang dirilis tahun 2007 dan disutradarai oleh Francis Lawrence. Film ini dibintangi oleh Will Smith. Aktor tenar itu berperan sebagai seorang ahli virus bernama Robert Neville.

Dia memiliki kekebalan dari virus mematikan yang menghabiskan hampir seluruh populasi manusia di dunia. Dia juga berusaha mencari anti virus dari virus mematikan.


7. World War Z

World War ZWorld War Z Foto: Dok. IMDb

Film tentang virus ini disutradarai oleh Marc Forster. World War Z diangkat dari novel berjudul sama karya Max Brooks. Film ini dibintangi Brad Pitt. Bratt Pitt berperan sebagai Gerry Lane, mantan karyawan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang harus keliling dunia untuk mencari cara menghentikan wabah mirip zombie.

Gerry Lane, dan istri serta kedua anaknya terjebak kemacetan ketika segerombolan zombie menyerang kota. Mereka diselamatkan dan dibawa ke kapal milik US Navy yang berada di Samudera Atlantik.

8. Corona

Film Corona disutradarai oleh Mostafa Keshvari yang berasal dari Kanada. Film tentang virus corona ini akan tayang tahun ini bercerita tentang sekelompok orang yang terjebak dalam lift selama pandemi COVID-19.

Corona berkisah tentang tetangga yang terjebak dalam sebuah lift ketika krisis pandemi COVID-19 baru dimulai. Dalam lift tersebut terdapat tujuh orang dan salah satunya, adalah orang China yang dicurigai mengidap virus tersebut.



Simak Video "Alasan Orang Masih Menolak Tes Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)