Rabu, 19 Agu 2020 14:03 WIB

Cek SIMAK UI dan Lolos FKM UI, Sudah Lulus Jadi Apa?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi Kampus UI, Depok Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO/Cek SIMAK UI dan Lolos FKM UI, Sudah Lulus Jadi Apa?
Jakarta -

Selama pandemi virus Corona ini tentu tak asing dengan sosok Ketua Tim Satgas COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito atau kerap disapa Prof Wiku. Dia adalah guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), salah satu jurusan pendidikan pilihan pada SIMAK UI 2020.

Bagi sudah cek SIMAK UI 2020 dan lolos FKM UI, tentu bisa menjadi ahli kebijakan kesehatan seperti Prof Wiku. Pilihan lainnya adalah berkarir di institusi kesehatan profit atau non profit, atau di perusahaan yang menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Keselamatan Lingkungan (K3KL).

Dikutip dari situs SIMAK UI, kompetisi masuk FKM UI mencapai 1,33 persen. FKM UI menerima 75 dari 4.218 peserta yang mendaftar lewat SIMAK UI 2019. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia masuk dalam kelompok ujian IPA. Lokasi kampus FKM UI berada di Depok, Jawa Barat, tidak jauh dari stasiun Pondok Cina.

Syarat masuk FKM UI tentunya harus lulus ujian masuk universitas, salah satunya SIMAK UI 2020. Setelah lulus, peserta wajib melakukan registrasi sesuai syarat, jadwal, dan ketentuan lain yang bisa dilihat di situs UI, Instagram dan Twitter di @univ_indonesia. Peserta juga harus membayar sesuai ketentuan yang berlaku.

Biaya kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia tercantum dalam Keputusan Rektor Universitas Indonesia nomor 513/SK/R/UI/2020. Biaya kuliah untuk S1 reguler ditetapkan dalam Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang punya dua pilihan. Pilihan tarif UKT berdasarkan BOP Berkeadilan (BOP-B) dan BOP Pilihan (BOP-P). Kepanjangan BOP adalah Biaya Operasional Pendidikan.

Kisaran BOP-B Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia adalah Rp 100 ribu hingga Rp 7,5 juta. Sejak 2013, program S1 reguler tidak menerapkan uang pangkal karena telah disubsidi lewat Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Dengan sistem UKT, biaya satuan pendidikan ditetapkan per program studi dan bukan lagi per SKS.

Lulusan FKM UI diharapkan mampu berkomunikasi, merencanakan dan mengelola sumber dana, serta menentukan pengaruh sosial budaya. Kemampuan lain adalah melakukan pemberdayaan masyarakat, memimpin, dan berpikir dengan sistem.



Simak Video "Vaksin COVID-19 Diberikan Terutama untuk yang Belum Terinfeksi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)