Kamis, 20 Agu 2020 10:51 WIB

Prediksi Harga 5 Kandidat Vaksin Corona, Buatan Inggris Termurah

Firdaus Anwar - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Berapa harga vaksin Corona bila nanti sudah tersedia? (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa kandidat vaksin Corona COVID-19 di dunia tengah menjalani uji klinis tingkat III. Dengan waktu penyelesaian yang semakin dekat, sebagian produsen mulai mengira-ngira harga.

Contohnya vaksin Corona dari perusahaan China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) disebut akan dijual sekitar 1.000 yuan atau setara Rp 2,1 juta untuk dua kali suntikan. Vaksin ini ditargetkan selesai dan siap pakai pada akhir 2020.

"Vaksin ini tidak akan dikenakan harga terlalu tinggi. Diperkirakan akan menghabiskan biaya beberapa ratus yuan untuk satu suntikan, dan untuk dua suntikan biayanya kurang dari 1.000 yuan," kata Kepala Sinopharm, Liu Jingzhen.

Nah bagi yang penasaran dengan prediksi harga vaksin Corona ini, berikut rangkuman detikcom seperti dikutip dari South China Morning Post:

1. Moderna (Amerika Serikat/AS) = USD 32-37 per dosis atau sekitar Rp 470-550 ribu.
2. Pfizer-BioNTech (AS-Jerman) = USD 20 per dosis atau sekitar Rp 300 ribu.
3. Oxford-AstraZeneca (Inggris)= USD 4 per dosis atau sekitar Rp 60 ribu.
4. Sinopharm (China) = USD 145 per dua dosis atau sekitar Rp 2,1 juta.
5. Johnson & Johnson (AS) = USD 10 per dosis atau sekitar Rp 150 ribu.

Perlu diketahui, sebagian besar vaksin Corona COVID-19 memerlukan dua dosis untuk bisa menghasilkan efek imunitas yang optimal.



Simak Video "Kemenkes Yakin Herd Immunity di Indonesia Bisa Tercapai"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)