Jumat, 21 Agu 2020 05:00 WIB

China Anggap Pesta Kontroversial di Wuhan Bukti Sukses Lawan Corona

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Bebas Corona, Wuhan Gelar Pesta Dugem di Kolam Renang Pesta kontroversial di Wuhan merayakan kemenangan melawan Corona (Foto: CNN)
Jakarta -

Pesta pora di sebuah kolam renang di Wuhan menuai kontroversi di seluruh dunia. Dianggap berisiko menularakan virus Corona COVID-19 meski wilayah ini mengklaim sudah bebas Corona.

Terlebih, Wuhan diyakini merupakan tempat awal mula pandemi virus Corona. Kasus pertama dilaporkan di kota ini akhir 2019, lalu dalam waktu singkat menyebar ke seluruh dunia.

Pejabat China merespons kontroversi tersebut. Juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian mengaku telah melihat berbagai pemberitaan tentang pesta tersebut.

"Ini menunjukkan bahwa Wuhan telah mendapatkan kemenangan strategis dalam pertarungan melawan epidemi," katanya dikutip dari CTVnews, Jumat (21/8/2020).

China jadi sorotan dunia sejak pandemi virus Corona meluas hingga kini telah menginfeksi lebih dari 22 juta orang dan menewaskan hampir 800 ribu orang di berbagai negara. Beberapa pihak menyebut China menutupi kasus awal sehingga akhirnya meluas.

Namun dalam 3 bulan terakhir, dilaporkan sudah tidak kasus baru di Wuhan. Lockdown dan pembatasan ketat di awal tahun diyakini sebagai kunci keberhasilannya menangani wabah.



Simak Video "Cerita Haru Dokter-Pasien Sembuh dari COVID-19 di Wuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)