ADVERTISEMENT

Jumat, 21 Agu 2020 09:06 WIB

Bernyanyi dan Berbicara Sama-sama Bisa Tularkan Corona

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi Penonton Konser Musik di Konser The Chainsmokers di Jakarta. Bernyanyi dan berbicara bisa menghasilkan aerosol (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Aktivitas sehari-hari seperti bernyanyi dan berbicara disebut menghasilkan aerosol yang bisa menularkan virus Corona COVID-19. Di antara keduanya, bernyanyi tidak lebih berisiko dibanding bicara.

Temuan ini terkait dengan kebijakan pemerintah Inggris yang mengizinkan penyanyi profesional maupun nonprofesional untuk tampil selama menerapkan social distancong dan protokol pencegahan pada umumnya. Tidak perlu ada mitigasi ekstra ketika bernyanyi.

Para ilmuwan di University of Bristol menyimpulkan hal itu setelah mengamati droplet dan aerosol yang dihasilkan oleh 25 penyanyi profesional. Hasilnya, massa aerosol yang dihasilkan meningkat hingga 20-30 kali ketika volume suara dibesarkan.

Meski demikian, bernyanyi tidak secara substansial menghasilkan lebih banyak aerosol dibanding bicara dengan volume yang sama besar.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa penularan virus yang dihasilkan ketika seseorang bernyanyi dan berbicara sama-sama dimungkinkan," kata Jonathan Reid, direktur ESPRC Centre for Doctoral Training in Aerosol Science, dikutip dari Reuters.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT