Minggu, 23 Agu 2020 10:50 WIB

Dialami Ustaz Yusuf Mansur, Ini 5 Fakta Penyumbatan Pembuluh Darah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ustaz Yusuf Mansur terbaring di RS karena sakit. Ustaz Yusuf Mansur terbaring di RS (dok. Instagram Ustaz Yusuf Mansur)
Jakarta -

Ustaz Yusuf Mansur tengah dirawat di rumah sakit. Dalam foto yang diunggahnya, ia tampak terbaring di sebuah tempat tidur dengan pakaian hijau dengan head-cap warna senada.

"Ada berkah penyumbatan dan penyempitan (pembuluh darah, Red) arah leher ke kepala. Terjadi gumpalan atau pembengkakan di bawah kepala kanan bawah," kata Ustaz Yusuf Mansur kepada detikcom.

Dikutip dari WebMD, pembuluh darah berfungsi mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Jika tersumbat, maka aliran darah ke organ-organ penting terganggu. Penyumbatan pada pembuluh arteri yang mengarah ke jantung, bisa memicu serangan jantung. Sedangkan jika mengarah ke otak, maka bisa memicu stroke.

Beberapa fakta penyempitan dan pembuluh darah adalah sebagai berikut:

1. Apa pemicu sumbatan dan penyempitan?

Sumbatan dan penyempitan di pembuluh darah disebabkan oleh plak yang terbentuk di dinding dalam pembuluh darah arteri. Plak tersusun dari kalsium, lemak, kolesterol, dan pengotor lain. Sebagai reaksi atas penyumbatan, dinding pembuluh darah menggandakan diri dan melepas zat-zat yang kadang justru memperburuk penyumbatan.

2. Apa kaitannya dengan kolesterol?

Ada dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) dan kolesterol jahat atau LDL (Low density lipoprotein). Kolesterol jahat merupakan salah satu kontributor utama pembentukan plak.

3. Adakah faktor lain yang berpengaruh?

Banyak. Rokok misalnya, diketahui merupakan faktor risiko atheroschlerosis yakni mengerasnya dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak, yang juga meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah. Faktor lain adalah diabetes dan kegemukan, walau tidak berarti kurus pasti aman.

4. Apa bahayanya?

Dampak penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah sangat variatif, tergantung lokasinya. Jika terjadi pada pembuluh darah arteri yang menuju jantung, maka berbagai masalah jantung bisa muncul, termasuk serangan jantung. Jika terjadi di sekitar leher, bisa memicu stroke karena pembuluh darah di leher umumnya menyuplai oksigen ke otak.

5. Gejalanya apa saja?

Nyeri dada, mual, keringat berlebih, termasuk beberapa gejala yang menyertai penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Lebih detail dengan gejalanya, tunggu di artikel berikutnya.



Simak Video "Cara Cegah Penyumbatan Darah seperti Penyakit Ustaz Yusuf Mansur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)