Senin, 24 Agu 2020 17:35 WIB

4 Cara Jitu Hindari Munculnya Jerawat Akibat Pakai Masker Seharian

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation 4 cara jitu hindari munculnya jerawat akibat pakai masker. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Memakai masker sepanjang hari terkadang membuat tidak nyaman dan wajah menjadi mudah berkeringat. Akibatnya, tidak sedikit yang mengeluhkan munculnya jerawat yang muncul karena hal ini.

Spesialis kulit, Dr Mona Mofid, mengatakan menggunakan masker akan meningkatkan suhu dan kelembapan di sekitar hidung dan mulut. Hal ini membuat wajah terasa panas dan menyebabkan keringat. Kondisi ini juga dapat menyumbat pori-pori di kulit yang membuat wajah lebih rentan berjerawat.

"Meskipun penutup wajah dari kain umumnya lebih longgar dan lembut daripada masker medis yang lebih kaku, lingkungan yang mereka ciptakan ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Gesekan wajah dan masker dapat merusak lapisan pelindung kulit," jelasnya seperti dikutip dari Sharp.

Cukup dilematis karena jika melepaskan masker ada risiko tertular COVID-19, tetapi jika menggunakan masker terlalu lama bisa memicu timbulnya jerawat.

Namun tidak perlu khawatir, simak beberapa tips mencegah wajah berjerawat meskipun menggunakan masker sepanjang hari, seperti dikutip detikcom dari berbagai sumber:

1. Cuci masker setiap hari

Dr Mofid mengatakan idealnya menggunakan masker wajah sekali pakai. Namun, jika menggunakan masker kain, harus mencucinya setiap hari. Jangan terlalu memaksa menggunakan masker saat kondisi masker dalam keadaan basah akibat berkeringat.

2. Sering mencuci muka

Menggunakan masker setelah beraktivitas membuat muka menjadi berkeringat dan terasa berminyak. Sering mencuci muka menggunakan sabun muka dapat mencegah wajah berjerawat.

Dr Abigail Waldman, spesialis kulit di Boston, mengatakan mencuci muka menggunakan sabun muka dapat menghilangkan kotoran. Selain itu, Dr Abigail menyarankan untuk mencuci muka setidaknya sehari dua kali.

3. Gunakan pelembab

Pelembab berfungsi menjaga kelembapan kulit sekaligus melindungi wajah dari gesekan masker, sehingga kulit tidak iritasi yang menyebabkan munculnya jerawat. Penggunaan pelembab cukup sekali saja yaitu saat pagi hari.

4. Hindari menggunakan make-up tebal

Saat melakukan aktivitas dan harus menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama, hindari menggunakan make-up terlalu tebal. Sebaiknya, menggunakan foundation dan concealer setipis mungkin. Hal ini karena make-up dapat membuat pori-pori tertutup dan wajah akan menjadi lembap sehingga mudah berkeringat dan berjerawat.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)