Selasa, 25 Agu 2020 13:16 WIB

Catat! Ini Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
sakit jantung Foto: shutterstock
Jakarta -

Sample Registration System (SRS) Indonesia menunjukkan penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi kedua setelah stroke. Sebesar 12,9% dari seluruh penyebab kematian tertinggi di Indonesia disebabkan oleh penyakit ini.

Menjadi salah satu penyakit dengan tingkat mortalitas yang tinggi, penyakit jantung ternyata tak hanya mengancam orang tua. Usia muda juga tetap memiliki risiko terkena penyakit dan serangan jantung.

Melansir Hackensack Meridian Health, ada sebuah penelitian yang membuktikan penyintas jantung usia muda (di bawah 40 tahun atau lebih muda) meningkat sebanyak 2 persen setahun selama 10 tahun terakhir. Adapun beberapa penyebab serangan jantung di usia muda antara lain sebagai berikut.

Konsumsi Alkohol Berlebihan
Konsumsi alkohol yang terlalu banyak bisa mempercepat proses penuaan pembuluh darah arteri. Akibatnya, pembuluh darah arteri tak lagi elastis dan menyebabkan gangguan peredaran darah ke jantung.

Merokok
Tak lagi jadi rahasia jika rokok memiliki kandungan yang buruk bagi tubuh. Tak hanya merusak paru-paru, racun dalam rokok juga dapat merusak sistem kerja normal dari organ jantung. Ada dua bahan kimia perusak jantung yang terkandung dalam rokok yaitu karbon monoksida dan nikotin.

Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi tak hanya dialami oleh orang tua. Orang dengan usia yang lebih muda juga bisa mengalami tekanan darah tinggi. Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia mengatakan anak muda yang sudah mengalami hipertensi akan lebih mudah terkena berbagai macam penyakit kardiovaskular bila tak cepat ditangani dengan baik.

Kurang Aktivitas Fisik
Selain baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, aktivitas fisik seperti berolahraga juga efektif dalam menurunkan kadar kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung. Kurang aktivitas fisik sama artinya dengan meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Kadar Kolesterol Tinggi
Banyak anak muda yang terkena penyakit jantung karena gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya yaitu sering mengonsumsi makanan-makanan fast food yang menjadi pemicu kolesterol tinggi. Ditambah dengan jarang berolahraga yang bisa memperparah kondisi atau kadar kolesterol dalam tubuh.

Kadar kolesterol tinggi bisa menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung. Itulah alasan penyakit kolesterol menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya serangan jantung. Lantaran itu, perlu adanya kesadaran untuk menjalani perilaku hidup sehat dan menjaga kadar kolesterol tubuh.

Bisa dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, hingga menghindari rokok agar kondisi pembuluh darah tak bertambah parah. Selain itu, Anda juga bisa rutin mengonsumsi Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestlé ACTICOR dianjurkan diminum 2x sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)