Jumat, 28 Agu 2020 09:12 WIB

Selain Paul Pogba, Ini Deretan Atlet Top yang Pernah Terinfeksi Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
MANCHESTER, ENGLAND - AUGUST 05: Paul Pogba of Manchester United in action during the UEFA Europa League round of 16 second leg match between Manchester United and LASK at Old Trafford on August 05, 2020 in Manchester, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images) Paul Pogba positif Corona. (Foto: Getty Images/Michael Regan)
Jakarta -

Gelandang Manchester United Paul Pogba dinyatakan positif virus Corona COVID-19. Hal ini telah dikonfirmasi oleh pelatih tim nasional Prancis Didier Deschamps.

"Saya harus melakukan perubahan di menit terakhir terhadap daftar pemain ini, karena Paul Pogba awalnya direncanakan masuk. Tapi sayang sekali buat dia, dia menjalani tes kemarin yang ternyata hasilnya hari ini positif," ungkap Deschamps dikutip Sky Sports.

Ini bukanlah kejadian pertama ada atlet yang dinyatakan positif Corona. Dirangkum detikcom, berikut 5 atlet yang dikabarkan pernah terinfeksi virus Corona COVID-19.

1. Miralem Pjanic

Selain Paul Pogba, baru-baru ini juga dikabarkan gelandang FC Barcelona, Miralem Pjanic, dinyatakan positif Corona. Pemain berusia 30 tahun itu pun harus melakukan karantina mandiri selama dua minggu.

"Miralem Pjanic dinyatakan positif dari hasil PCR yang diambil pada Sabtu, 22 Agustus, setelah merasa sedikit tidak sehat. Pemain dalam kondisi sehat dan mengisolasi diri di rumah," tulis keterangan FC Barcelona di situs resmi klub.

2. Usain Bolt

Penyandang status manusia tercepat di dunia, Usain Bolt dikabarkan positif terinfeksi virus Corona. Sprinter asal Jamaika itu kini sedang menjalani karantina mandiri.

Menurut laporan, disebutkan Bolt sempat menghadiri pesta kejutan ulang tahun ke-34 untuknya yang jatuh pada 21 Agustus, yang diselenggarakan tanpa menaati aturan menjaga jarak dan menggunakan masker.

Pada keesokan harinya, Bolt diketahui melakukan tes swab. Media lokal pun menyebut hasil tes tersebut adalah Bolt reaktif COVID-19.

"Selamat pagi semua, saya bangun pagi dan seperti biasa mengecek media sosial dan beredar info saya positif terkena COVID-19. Saya ikut tes pada Sabtu lalu karena saya harus bekerja," kata Bolt dalam klarifikasi melalui Instagramnya, Senin (24/8/2020).

"Oleh karena itu, untuk teman-teman saya, jika kalian pernah kontak dengan saya, maka kalian sebaiknya mengisolasi diri juga, tetap tenang, dan untuk yang lainnya, tetap menjaga diri di luar sana," tegas Bolt, tanpa mengkonfirmasi dirinya positif terkena COVID-19 atau tidak.

3. Samuel Umtiti

Pada Sabtu (15/8/2020), FC Barcelona dalam situs resminya mengkonfirmasi bahwa salah satu pemainnya, Samuel Umtiti, dinyatakan positif Corona.

"Setelah hasil tes PCR keluar pada Kamis (13/8), pemain tim utama Samuel Umtiti dites positif Covid-19. Pemain tidak mengalami gejala, dan dalam kondisi sehat dan sedang menjalani isolasi di rumah," tulis FC Barcelona.

4. Sergio Perez

Pembalab F1, Sergio Perez dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Layaknya atlet lain sebelum bertanding, Perez dan para pembalap lain wajib mengikuti tes Corona secara rutin sebelum balapan. Hingga akhirnya pada Kamis (30/7/2020) Perez dinyatakan positif Corona.

"Perez sudah melakoni isolasi mandiri menyusul instruksi dari departemen kesehatan setempat, dan akan terus mengikuti prosedur dari sana," ujar pernyataan resmi Federasi Otomotif Internasional (FIA) seperti dikutip Sky Sports.

5. Novak Djokovic

Novak Djokovic dinyatakan positif Corona usai pulang dari turnamen tenis Adria Tour. Disebutkan, Djokovic merupakan atlet tenis keempat yang diketahui terinfeksi COVID-19.

Menurut laporan The Guardian, Selasa (23/6/2020), istri dari Djokovic, yakni Jelena juga dinyatakan positif Corona.

"Saat kami tiba di Beograd kami pergi untuk tes. Hasil saya positif, seperti halnya Jelena, sementara hasil anak-anak kami negatif," ujar petenis nomor satu dunia itu.



Simak Video "Reaksi WHO Ditanya soal Trump Positif Corona Gegara Ogah Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)