Jumat, 28 Agu 2020 16:29 WIB

PM Jepang Mundur karena Alasan Kesehatan, Ini Riwayat Penyakitnya

Firdaus Anwar - detikHealth
PM Jepang Shinzo Abe mengumumkan keadaan darurat terkait kasus virus Corona yang terus menyebar. Shinzo Abe mundur dari jabatannya. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, mengumumkan mundur dari jabatannya yang sudah ia pegang selama nyaris delapan tahun. Abe mengaku kondisi kesehatannya semakin buruk.

"Saya ingin meminta maaf secara tulus pada seluruh rakyat Jepang karena harus meninggalkan posisi yang masa jabatannya masih ada setahun, di tengah masalah corona dan berbagai kebijakan masih dalam proses implementasi," kata Abe sambil membungkuk, dikutip dari BBC, Jumat (28/8/2020).

Abe diketahui sudah lama menderita penyakit kolitis ulseratif kronis sejak masa SMA. Penyakit ini sebelumnya pernah membuat Abe pensiun dini pada tahun 2007 lalu.

Kini Abe mengaku mundur sebagai PM Jepang untuk alasan penyakit yang sama.

Dikutip dari Reuters, kolitis ulseratif adalah penyakit peradangan yang terjadi pada usus hingga menimbulkan luka pada dinding saluran cerna. Gejalanya mulai dari diare, kram perut, penurunan berat badan, hingga kelelahan.

Penyebab kolitis ulseratif tidak diketahui pasti, namun kemungkinan berhubungan dengan genetik. Stres dan diet yang buruk disebut-sebut dapat memperburuk kondisi.

Bila kolitis ulseratif tidak ditangani dengan baik maka berisiko menimbulkan komplikasi mulai dari kanker usus, penyumbatan pembuluh darah, hingga usus sobek.



Simak Video "Apakah Janin Ikut Tertular Jika Ibu Hamil Positif Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)