Sabtu, 29 Agu 2020 14:00 WIB

Puasa Asyura dan 10 Manfaatnya untuk Kesehatan

Tim detikcom - detikHealth
asian muslim people praying before having their food in dining room together for break fasting Foto: iStock/Puasa Asyura dan 10 Manfaatnya untuk Kesehatan
Jakarta -

Umat Muslim melakukan puasa Asyura pada hari ini atau 10 Muharram dalam kalender tahun Hijriah. Selain berpahala, menjalankan puasa Asyura memiliki manfaat untuk kesehatan.

Puasa kini menjadi semakin populer di kalangan komunitas kesehatan. Puasa disebut dapat mengontrol nafsu makan dan membuat berat badan mudah turun. Ini membuat puasa cocok bagi yang sedang diet.

Berikut 10 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan dilansir lifehack:

1. Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

ilustrasi dietilustrasi diet Foto: iStock

Puasa dapat menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa puasa memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak dengan lebih efektif daripada sekadar diet biasa.

Puasa memungkinkan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama, bukan gula. Bahkan beberapa atlet sekarang menggunakan puasa sebagai alat untuk mencapai persentase lemak tubuh yang rendah untuk kompetisi.

2. Puasa Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin. Hal ini memungkinkan kamu untuk mentolerir karbohidrat (gula) lebih baik daripada jika kamu tidak berpuasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah puasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberi tahu sel untuk mengambil glukosa dari darah.

3. Puasa Mempercepat Metabolisme

Puasa membuat sistem pencernaan kamu beristirahat. Hal itu dapat memberi energi pada metabolisme Anda untuk membakar kalori dengan lebih efisien. Jika pencernaan kamu buruk, puasa dapat memengaruhi kemampuan kamu untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak. Puasa dapat mengatur pencernaan dan meningkatkan fungsi usus yang sehat, sehingga meningkatkan fungsi metabolisme kamu.

4. Puasa Membuat Umur Panjang

Percaya atau tidak, semakin sedikit kamu makan, semakin lama kamu hidup. Penelitian telah menunjukkan bagaimana umur orang-orang dalam budaya tertentu meningkat karena pola makan mereka. Salah satu efek utama penuaan adalah metabolisme yang lebih lambat, semakin muda tubuh kamu, semakin cepat dan efisien metabolisme kamu. Semakin sedikit kamu makan, semakin sedikit dampaknya pada sistem pencernaan kamu.

5. Puasa Bikin Tahu Rasa Lapar Sebenarnya

Ilustrasi perempuan laparIlustrasi perempuan lapar Foto: Thinkstock

Manfaat puasa antara lain membantu mengatur hormon dalam tubuh sehingga kamu mengalami rasa lapar yang sebenarnya. Kita tahu bahwa orang gemuk tidak menerima sinyal yang benar untuk memberi tahu mereka bahwa mereka kenyang karena pola makan yang berlebihan.

Pikirkan puasa sebagai tombol reset, semakin lama kamu berpuasa, semakin banyak tubuh kamu dapat mengatur dirinya sendiri untuk melepaskan hormon yang tepat, sehingga dapat merasakan apa sebenarnya rasa lapar itu. Belum lagi, ketika hormon bekerja dengan benar, Anda akan lebih cepat kenyang.

6. Puasa Menetapkan Pola Makan Benar

Puasa dapat menjadi praktik yang bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan makan berlebihan, dan bagi mereka yang merasa sulit untuk menetapkan pola makan yang benar karena pekerjaan dan prioritas lainnya. Dengan puasa memungkinkan kamu untuk makan pada waktu yang ditentukan yang sesuai dengan gaya hidup kamu. Selain itu, bagi siapa pun yang ingin mencegah pesta makan berlebihan, kamu dapat menetapkan waktu yang ditetapkan dan kemudian tidak makan sampai hari berikutnya.

7. Puasa Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa telah terbukti meningkatkan fungsi otak karena puasa meningkatkan produksi protein yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (Brain-derived neurotrophic factor atau BDNF). BDNF mengaktifkan sel induk otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu berbagai bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel otak kamu dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan menghentikan pembentukan sel kanker. Secara alami, ketika hewan sakit, mereka berhenti makan dan malah fokus untuk beristirahat. Hal itu adalah naluri utama untuk mengurangi stres pada sistem internal mereka sehingga tubuh mereka dapat melawan infeksi. Namun manusia adalah satu-satunya spesies yang mencari makanan saat sakit, bahkan saat kita tidak membutuhkannya.

9. Puasa Dapat Mencerahkan Diri

Puasa telah membantu banyak orang merasa lebih terhubung dengan kehidupan seperti selama latihan meditasi, yoga, dan seni bela diri. Dengan tidak adanya makanan di sistem pencernaan, hal ini membuat ruang untuk lebih banyak energi dalam tubuh.

Puasa untuk pencerahan diri memungkinkan kita untuk merasa lebih baik secara sadar maupun fisik. Dengan tubuh yang lebih ringan dan pikiran yang lebih jernih kita menjadi lebih sadar dan bersyukur atas hal-hal di sekitar kita.

10. Puasa Membantu Membersihkan Kulit dan Mencegah Jerawat

Manfaat puasa b erikutnya yakni dapat membantu membersihkan kulit dan mencegah jerawat. Karena dengan pembebasan sementara tubuh dari pencernaan, dapat memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain.

Tidak makan apapun selama puasa telah terbukti membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lain seperti hati, ginjal, dan bagian lain.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)