Senin, 31 Agu 2020 13:32 WIB

Begini Lho Dampak Psikis Jika 'Anjay' Dipakai untuk Bullying

Ayunda Septiani - detikHealth
stres Ilustrasi stres. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Istilah 'anjay' tengah viral setelah dilaporkan salah satu Youtuber, Lutfi Agizal, pada Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). 'Anjay' sendiri merupakan modifikasi dari sebutan nama binatang yang kerap dipakai untuk mengumpat.

Awalnya Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) meminta penggunaan kata 'anjay' dihentikan sekarang juga. Komnas PA menilai kata 'anjay' yang sedang populer dipakai anak-anak bisa berpotensi dipidana.

"Ini adalah salah satu bentuk kekerasan atau bullying yang dapat dipidana, baik digunakan dengan cara dan bentuk candaan. Namun jika unsur dan definisi kekerasan terpenuhi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, tindakan itu adalah kekerasan verbal. Lebih baik jangan menggunakan kata 'anjay'. Ayo kita hentikan sekarang juga," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (29/8/2020).

Sebenarnya apakah penggunaan istilah kata 'Anjay' bisa berdampak pada kesehatan mental?

Psikolog sekaligus konselor Nuzulia Rahma Tristinarum menjelaskan, penggunaan kata 'Anjay' bisa saja berdampak pada kesehatan mental jika istilah tersebut ditujukan untuk membully orang lain.

"Bisa saja jika kata tersebut ditujukan untuk mencela, merendahkan, menghina atau membully orang lain. Ini bisa berdampak pada kesehatan mental jika orang yang menerima kata anjay mempersepsikan negatif pada kata tersebut," jelas Rahma saat dihubungi detikcom Senin (31/8/2020).

"Anjay adalah sebuah kata yang belum ada aturannya di kamus bahasa Indonesia. Sehingga sebenarnya belum ada arti yang tetap itu apa. Oleh karena itu artinya bisa dimaknakan berbagai macam rupa. Tergantung situasi, kondisi, tujuan penggunaan kata dan tergantung persepsi orang yang mendengar dan menerimanya," pungkas Rahma.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)