Senin, 31 Agu 2020 13:57 WIB

Lakukan 5 Ritual Ini Buat Tidur Lebih Nyenyak Tiap Malam

Yudistira Imandiar - detikHealth
tidur Foto: shutterstock
Jakarta -

Menurut keterangan World Health Organization (WHO), masalah sulit tidur atau insomnia dapat mengganggu produktivitas, menimbulkan kelelahan hingga memicu depresi. Oleh sebab itu, setiap individu mesti menjaga pola dan waktu tidur yang optimal.

Tidur merupakan kebutuhan dasar buat tubuh manusia untuk meregenerasi sel, mengistirahatkan otot, dan menyegarkan pikiran. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa berkisar 7-8 jam sehari.

Namun, terkadang waktu dan pola tidur ideal tidak terpenuhi karena sulit untuk terlelap. Hal ini bisa dipicu stres, masalah kesehatan, dan lainnya.

Agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malam, ada beberapa ritual yang dapat dilakukan, seperti dilansir dari Divisi Sleep Medicine Harvard Medical School. Ini dia ulasannya .

Hindari kopi dan rokok sebelum tidur

Kafein pada kopi dan nikotin rokok merupakan stimulan yang menghilangkan kantuk. Efek yang ditimbulkan membuat sulit tertidur. Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi kopi atau mengisap rokok empat sampai enam jam sebelum waktu tidur.

Matikan lampu

Suasana gelap, udara sejuk akan membuat pikiran cenderung lebih tenang dan membuat kantuk datang. Jika mau lebih tenang, gunakan ear plugs agar suara bising dari luar tak terlalu mengganggu. Cara ini relatif ampuh untuk mengantarkan tidur nyenyak.

Bersantai

Setelah beraktivitas, biarkan tubuh bersantai sejenak sebelum masuk waktu tidur. Waktu santai itu dapat digunakan untuk mandi, membaca buku, atau relaksasi lainnya. Cara ini akan mengendurkan syaraf dan otot sehingga menghasilkan tidur yang nyenyak.

Olahraga

Ritual yang ini tidak dilakukan sebelum tidur, melainkan bisa di pagi atau sore hari. Aktivitas fisik akan membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk. Dalam kondisi tersebut, seseorang akan mudah terlelap.

Minum air putih

Mencukupi kebutuhan air penting untuk menjaga metabolisme tubuh berjalan baik. Selain itu, minum air putih akan membuat tubuh tetap terhidrasi selama tidur dalam waktu yang cukup lama. Ketika bangun pagi, tubuh akan merasa segar dan terhindar dari kelelahan karena kekurangan cairan.

Agar waktu tidur dapat dikontrol dengan baik, tak ada salahnya membuat catatan jadwal tidur harian. Tidak perlu mencatat manual, karena Samsung Galaxy Watch3 dapat merekam siklus tidur, dan waktu total tidur per hari. Samsung bekerja sama dengan National Sleep Foundation untuk menyediakan konten edukasi dan tips mengenai pola tidur ideal.

Galaxy Watch3 akan membantumu mendapatkan pola tidur ideal untuk menjaga kebugaran untuk tetap produktif. Selain itu, Galaxy Watch3 juga dapat diandalkan untuk menjadi partner berolahraga.



Simak Video "Cara Ilmuwan Deteksi Kerumunan Masyarakat Saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)