Selasa, 01 Sep 2020 10:40 WIB

RSUP Persahabatan: Pasien Corona Naik Tajam di Agustus, Okupansi 70 Persen

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
nakes yang merawat pasien corona Potret tenaga kesehatan yang tangani pasien Corona. (Foto: Adhar Muttaqin)
Jakarta -

Kasus baru virus Corona di Indonesia masih terus bertambah setiap harinya. Bahkan di bulan Agustus, terjadi kenaikan yang cukup banyak dan mencatatkan rekor kasus baru tertinggi sepanjang virus Corona mulai muncul di awal Maret lalu.

RSUP Persahabatan, salah satu rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 mengungkap adanya kenaikan pasien Corona per Agustus. Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSUP Persahabatan dr Yudhaputra Trisanto, MKes, menyebut pasien Corona yang menjalani perawatan rawat inap di Agustus sebanyak 488 orang, sementara bulan Juli berada di angka 426 orang.

"Memang di bulan ini (Agustus) terutama di Juli akhir memang sangat meningkat tajam," katanya dalam webinar yang diselenggarakan RSUP Persahabatan, Selasa (1/9/2020).

Total pasien COVID-19 yang meninggal di RSUP Persahabatan dari Maret-Agustus sebanyak 160 orang. Sementara pasien suspek yang meninggal sebanyak 192 orang. Total pemakaian tempat tidur hingga hari ini di RSUP Persahabatan sebesar 70 persen

Pelayanan suspek COVID-19 di Agustus juga meningkat. Poliklinik RSUP Persahabatan menerima 1.611 pasien di bulan Agustus. Sangat jauh bila dibandingkan pada Juli yang berada di kisaran 526 orang.

"Jadi April sempat turun, Mei cukup rendah, di Juli akhir terjadi peningkatan dan Agustus meningkat tajam," tuturnya.



Simak Video "Dugaan Kasus Reinfeksi Covid-19 Pertama di Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)