Selasa, 01 Sep 2020 12:37 WIB

Peneliti China Temukan Bukti Virus Corona Menyebar Lewat Saluran Pipa Air

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Poster Ilustrasi Corona. (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Penemuan virus Corona di kamar mandi apartemen China menjadi bukti virus Corona bisa menyebar lewat saluran pipa air. Temuan ini menambah kekhawatiran atas kemampuan virus untuk menyebar dalam partikel kecil di udara di ruang tertutup berbagai tingkat.

Peneliti di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit China mendapati bahwa virus Corona berada di dalam pipa sebuah kamar yang di atasnya adalah kamar pasien COVID-19. Bahkan materi genetik COVID-19 juga ditemukan di permukaan wastafel dan keran kamar yang sudah lama kosong tersebut.

Studi ini merupakan penelitian lanjutan dari hasil yang sebelumnya menjelaskan virus Corona ditemukan pada feses pasien COVID-19 dan menyebar hingga 12 lantai di sebuah apartemen. Adapun unit apartemen yang dicurigai menyebarkan virus Corona berada di lantai 15, tempat 5 orang dipastikan positif COVID-19 pada akhir Januari.

"Bukti menunjukkan penularan SARS-CoV-2 melalui aerosol bisa terjadi dengan beberapa kondisi," kata peneliti yang menyimpulkan bahwa virus Corona bisa menular lewat partikel kecil atau aerosol.

Para peneliti China menyebutkan meski toilet adalah kebutuhan sehari-hari, tempat tersebut dapat meningkatkan penularan aerosol dari tinja jika digunakan secara tidak benar, terutama di rumah sakit.

Laporan baru ini juga mengingatkan peneliti tentang adanya 329 penduduk di Hong Kong yang terinfeksi sindrom pernapasan akut atau SARS dekade lalu karena saluran pipa pembuangan limbah yang rusak.

"Kejadian ini mirip dengan temuan wabah SARS Amoy Gardens di Hong Kong pada tahun 2003," tutur peneliti Kesehatan Lingkungan di CDC China, Song Tang, dikutip dari Japan Times.

Direktur Laboratorium Internasional untuk Kualitas Udara dan Kesehatan di Universitas Teknologi Queensland, Australia, menyebut salah satu cara penyebaran penyakit lewat pipa adalah jika tidak ada cukup air yang mengalir dari pipa pembuangan tersebut.

"Ini bisa dikenali jika toilet Anda mengeluarkan bau tanpa sebab. Itu menandakan telah masuknya gas entah darimana melalui saluran pipa toilet Anda," kata Lidia.



Simak Video "Inilah Sumber Penularan Virus Covid-19 ke Kelompok Rentan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)