Rabu, 02 Sep 2020 18:15 WIB

3 Fakta Tisu Magic, Tisu Bikin Kebas yang Ditemukan di Pesta Gay Kuningan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Young woman cleaning fingers and hands with wet wipes Fakta-fakta tisu magic, tisu bikin kebas yang ditemukan di pesta gay Kuningan. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sejumlah barang bukti ditemukan dalam pesta gay di Kuningan, Jakarta Selatan. Salah satu di antaranya adalah tisu magic.

Pesta ini digelar di salah satu apartemen dan dihadiri sebanyak 56 pria.

"Pukul 00.30 WIB dilakukan penggerebekan di tempat pesta tersebut. Ditemukan ada 56 orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Rabu (2/9/2020).

Bicara soal barang bukti yang diungkap kepolisian, tisu magic memang kerap dikaitkan dengan praktik seksual. Benda yang sebenarnya adalah tisu antiseptik ini dapat dengan mudah ditemui di berbagai macam apotek.

Dirangkum detikcom, berikut 3 fakta tentang tisu magic yang perlu kamu tahu.

1. Tisu magic tidak dapat mengatasi ejakulasi dini

Meski tisu magic dapat memberikan sensasi kebas atau mati rasa pada penis, sehingga ereksi dapat bertahan lebih lama saat melakukan penetrasi. Pakar andrologi dan seksologi Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, mengatakan bahwa tisu magic tidak dapat mengatasi ejakulasi dini.

"Namanya juga usaha untuk mengatasi ejakulasi dini, tentu boleh mengusahakan berbagai cara. Namun efeknya tidak akan lama bagi yang sudah merasakan manfaatnya. Sedangkan bagi yang lain mungkin tidak merasakan manfaatnya, karena memang ejakulasi dini tidak bisa diatasi hanya dengan tisu magic," kata dr Wimpie.

2. Penggunaan tisu magic berisiko bagi kesehatan kulit penis

Kulit penis yang cenderung sensitif akan berisiko mengalami reaksi alergi jika berkontak langsung dengan tisu magic, yang mengandung berbagai macam senyawa kimia.

"Untuk setiap bahan kadang bisa menimbulkan alergi, namun pada orang-orang tertentu. Karena kulit area penis cenderung sensitif," kata dokter spesialis kulit dan kelamin dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali kepada detikcom beberapa waktu lalu.

3. Tisu magic kerap dipakai sebagai pereda nyeri

Efek tisu magic yang bisa membuat kebas kerap kali digunakan untuk meredakan nyeri cedera ketika olahraga. Namun, efeknya hanya sementara dan tidak dapat mengurangi bengkak.

"Tisu magic bisa meredakan cedera? Enggak. Mendingan beli es batu," kata praktisi kesehatan olahraga, dr Sophia Benedicta Hage, SpKO.

"Yang berbahaya adalah ketika cedera namun kita tidak mengurangi bengkaknya," ujarnya.



Simak Video "Dear Warga DKI, Tak Perlu Panic Buying Jelang PSBB Total Lagi..."
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)