Jumat, 04 Sep 2020 05:00 WIB

14 Manfaat Bawang Merah Mentah Bagi Kesehatan

Puti Yasmin - detikHealth
Red onions circles and red onions on board Foto: Getty Images/iStockphoto/beats3/14 Manfaat Bawang Merah Mentah Bagi Kesehatan
Jakarta -

Bawang merah merupakan salah satu penyedap rasa masakan. Namun ternyata, bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk tubuh, khususnya kesehatan. Bawang ini juga dibudidayakan hampir di seluruh dunia dengan berbagai varietas.

Dikutip dari buku 'Pola Makan Rasulullah' bawang merah telah dimanfaatkan untuk kesehatan sejak zaman dahulu. Tanaman ini dipercaya memiliki kandungan gizi yang dapat menguatkan tubuh dan menambah nafsu makan.

Dari hasil penelitian terungkap juga bahwa thiosulfinate, senyawa yang efektif membunuh banyak bakteri umum, termasuk Salmonella typhi, Pseudomonasaeriginosa, dan Escherichia coli.

Jurnal berjudul "Antimicrobial activity and thiosulfinates profile of a formulation based on Allium cepa L. extract" yang disusun sejumlah peneliti dari  Iuliu Hatieganu University of Medicine and Pharmacy dan Babes-Bolyai University menyebutkan thiosulfinate sangat efisien menghambat perkembangan bakteri Gram-positif, seperti Staphylococcus aureus.


Penasaran kan apa saja manfaat bawang merah? Berikut infonya:

1. Mengobati Maag

Dikutip dari buku 'Bawang Merah' karya Estu Rahayu dan Nur Berlian V A mengonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bawang merah cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, bisa campurkan dengan makanan lain seperti kecap untuk menghindari bau yang menyengat.

2. Menurunkan Demam

Manfaat bawang merah untuk bayi bisa untuk menurunkan demam. Cukup campurkan parutan bawang dengan minyak kelapa dan sedikit asam dan balurkan ke tubuh secara merata, khususnya punggung dan perut sehingga bisa menghangatkan badan.

3. Melancarkan Pernapasan

Lendir yang terdapat pada tenggorokan dan bisa menghambat jalur pernapasan bisa teratasi dengan mengonsumsi bawang merah. Cukup memakan bawang merah mentah atau acar agar tubuh terasa hangat dan melancarkan pernapasan.

4. Mengatasi Masuk Angin

Selain pernapasan, bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong umbi bawang merah dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian, gosok-gosokkan campuran ke area punggung hingga kulit berwarna kemerahan.

5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tidak baik bagi tubuh manusia. Tetapi, dengan mengonsumsi bawang merah, kadar kolesterol bisa berkurang karena memperlancar mobilisasi dan menghindari hambatan penumpukan.

6. Mengobati Luka

Umbi bawang merah bisa digunakan untuk mengatasi luka pada tubuh. Caranya cukup mengiris-iris umbi bawang merah kemudian campur dengan minyak kelapa dan garam. Panaskan semua bahan hingga mendidih.

Setelah itu, dinginkan bahan yang telah tercampur dan oleskan pada luka secara rutin, minimal tiga kali sehari. Dengan begitu, luka pada tubuh akan cepat kering dari luar dan dalam.

7. Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang merah bisa meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan turunnya kadar gula darah. Maka dari itu, konsumsi bawang merah bisa meningkatkan dan menormalkan gula dalam tubuh.

8. Mata Ikan

Manfaat bawang merah mentah untuk mata ikan bisa dilakukan dengan membubuhkan potongan bawang merah pada area mata ikan. Lakukan ini dari sore hingga pagi hari, setelah itu, cuci kaki dengan air hangat dan sabun.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bawang merah mengandung folat yang bisa meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan lain pada bawang, seperti zat besi dan pyrithione juga bermanfaat bagi fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

10. Mendorong Stamina Pria

Manfaat bawang merah untuk pria bisa mendongkrak stamina. Pasalnya, kandungan fitokemikal pada bawang merah bisa mendorong vitamin C guna menguatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah penyakit dalam tubuh.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai risiko penyakit. Dengan mengonsumsi bawang merah, risiko tersebut dapat berkurang karena adanya zat quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah.

12. Meningkatkan Imun

Kekebalan tubuh saat mengonsumsi bawang merah bisa meningkat dan mencegah dari berbagai penyakit, seperti flu, demam, hingga bronkitis. Caranya cukup tambahkan bawang merah dengan makanan yang kamu santap.

13. Menumbuhkan Rambut

Manfaat bawang merah untuk rambut bisa menumbuhkannya agar tebal. Caranya dengan mencampurkan 50 gram bawang merah halus dengan 50 cc minyak orang aring, 100 cc minyak kemiri, dan 5 cc minyak melati.

Panaskan bawang merah dan tumbuh dalam 100 cc minyak kemiri hingga matang. Saring minyaknya dan campurkan dengan minyak urang aring dan minyak melati. Setelah itu, oleskan di kulit kepala dan rambut setiap menjelang tidur.

14. Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah yang terakhir adalah mencegah kanker. Zat quercetin dalam bawang merah bisa berfungsi dalam melawan efek radikal bebas dalam tubuh, termasuk kanker.



Simak Video "Game Viral Among Us dan Diagnosa Impostor Syndrome"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)