Jumat, 04 Sep 2020 13:07 WIB

Meksiko Catatkan Rekor Kematian Petugas Kesehatan Tertinggi di Dunia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Asian surgeon sitting with head in hands Kematian petugas medis di Meksiko jadi yang tertinggi di dunia. (Foto ilustrasi: Getty Images)
Jakarta -

Sebuah organisasi non-pemerintah, Amnesty International mengungkapkan bahwa Meksiko kini menjadi negara dengan kematian petugas kesehatan paling banyak di dunia, akibat dari pandemi virus Corona yang melanda. Menurut organisasi tersebut, kematian petugas kesehatan di negara tersebut adalah yang terbanyak di bumi.

Dari 7.000 petugas medis yang meninggal di dunia akibat virus Corona, 1.320 di antaranya terjadi di Meksiko. Sementara di negara lain jumlahnya masih di bawahnya, seperti Amerika Serikat 1.077 kasus, Brasil 634 kasus, dan India 573 kasus.

"Berbulan-bulan pandemi ini berlangsung, banyak petugas kesehatan yang meninggal di negara-negara seperti Meksiko, Brasil, dan AS," kata Steve Cockburn, Kepala Keadilan Ekonomi dan Sosial di Amnesty International yang dikutip dari Reuters, Jumat (4/9/2020).

"Harus ada kerja sama global untuk memastikan semua petugas kesehatan diberikan alat pelindung yang memadai, sehingga mereka bisa melanjutkan pekerjaan vital mereka tanpa mempertaruhkan nyawa mereka sendiri," lanjutnya.

Berdasarkan analisis Reuters terhadap data pemerintah Meksiko pada Agustus lalu, risiko kematian para petugas kesehatan di negara tersebut ternyata empat kali lebih tinggi daripada di Amerika Serikat. Bahkan jumlah ini delapan kali lebih besar dari Brasil.

Amnesty meminta agar diberikan bantuan lebih banyak untuk para petugas medis. Sebagai contoh, Brasil juga sempat mengeluh kurangnya alat pelindung diri atau APD.

"Sepanjang pandemi, pemerintah telah memuji petugas kesehatan sebagai pahlawan, tetapi begitu banyak pekerja yang meninggal karena kurangnya perlindungan dasar," tegas Cockburn.

Di Meksiko, kasus virus Corona sudah mencapai angka 610.000, dan angka kematiannya hampir 66.000. Bahkan pada awal pekan ini, pemerintah Meksiko mengatakan sebanyak 102.494 petugas kesehatan telah tertular virus Corona.



Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)