Jumat, 04 Sep 2020 15:08 WIB

8 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Tim detikcom - detikHealth
Minyak Kayu Putih Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan (Foto: dok. detikcom/Didik Dwi H/8)
Jakarta -

Sebuah informasi beredar di media sosial dan kemudian jadi viral yang menyebutkan jika minyak kayu putih dapat menyembuhkan pasien COVID-19. Informasi itu secara klinis belum dipastikan kebenarannya. Namun minyak kayu putih sejak dulu diketahui bermanfaat untuk kesehatan.

Minyak kayu putih tumbuh di seluruh dunia dan berkhasiat untuk kesehatan. Kekuatan penyembuhan minyak kayu putih berasal dari daun pohon. Dilansir Healthline, daunnya dikeringkan, dihancurkan, dan disuling untuk mengeluarkan minyak esensial. Setelah minyak diekstraksi, minyak harus diencerkan sebelum dapat digunakan sebagai obat.

Berikut 8 manfaat minyak kayu putih dilansir Healthline:

1. Meredakan Batuk

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk. Saat ini, beberapa obat batuk yang dijual bebas mengandung minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya. Vicks VapoRub, misalnya, mengandung sekitar 1,2 persen minyak kayu putih bersama dengan bahan pereda batuk lainnya. Vicks dioleskan ke dada dan tenggorokan untuk meredakan gejala batuk dari flu biasa atau flu.

2. Bersihkan Dada

Apakah Anda batuk tetapi susah mengeluarkan dahak? Minyak kayu putih tidak hanya dapat meredakan batuk, tetapi juga membantu mengeluarkan lendir dari dada. Menghirup uap yang terbuat dari minyak atsiri dapat mengencerkan lendir dan pada saat batuk akan dikeluarkan. Menggunakan olesan yang mengandung minyak Eucalyptus akan menghasilkan efek yang sama.

3. Redakan Gigitan Serangga

Nyamuk dan serangga penggigit lainnya membawa penyakit yang dapat membahayakan kesehatan kita. Menghindari gigitan mereka adalah pertahanan terbaik. Namun jika digigit serangga, mengolesi dengan minyak kayu putih dapat meredakan gigitan itu.

4. Obati Luka

Manfaat minyak kayu putih lainnya yakni mengobati luka. Suku Aborigin Australia menggunakan daun kayu putih untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Saat ini, minyak yang diencerkan masih dapat digunakan pada kulit untuk melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan. Anda bisa membeli krim atau salep yang mengandung minyak kayu putih. Produk-produk ini dapat digunakan pada luka bakar ringan atau luka lain yang dapat dirawat di rumah.

5. Bernapas dengan Mudah

Kondisi pernapasan seperti asma dan sinusitis dapat terbantu dengan menghirup uap dengan tambahan minyak kayu putih. Minyak bereaksi dengan selaput lendir, tidak hanya mengurangi lendir tetapi juga membantu mengeluarkan lendir.

Namun bagi orang yang alergi terhadap kayu putih, asma dapat bertambah parah. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan bagaimana kayu putih mempengaruhi orang dengan asma.

6. Mengontrol Gula Darah

Minyak kayu putih berpotensi sebagai pengobatan diabetes. Meskipun kami tidak tahu banyak saat ini, para ahli percaya bahwa hal itu mungkin berperan dalam menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Para peneliti belum mengetahui cara kerja minyak esensial. Namun, hingga lebih banyak diketahui, komunitas ilmiah merekomendasikan pemantauan gula darah yang cermat bagi orang yang menggunakan obat diabetes dengan minyak kayu putih.

7. Segarkan Napas

Mint bukanlah satu-satunya senjata untuk melawan bau mulut. Karena sifat antibakterinya, minyak kayu putih dapat digunakan untuk melawan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedap. Beberapa obat kumur dan pasta gigi mengandung minyak esensial sebagai bahan aktif. Produk kayu putih juga dapat membantu mencegah penumpukan plak pada gigi dan gusi dengan cara menyerang bakteri penyebab kerusakan gigi.

8. Meredakan Nyeri Sendi

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu putih bermanfaat meredakan nyeri sendi. Faktanya, banyak krim dan salep over-the-counter populer yang digunakan untuk meredakan nyeri akibat kondisi seperti osteoartritis dan rheumatoid arthritis mengandung minyak esensial ini.

Minyak kayu putih membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan banyak kondisi. Ini juga dapat membantu orang yang mengalami sakit punggung atau mereka yang baru pulih dari cedera sendi atau otot.



Simak Video "Dana Vaksin Corona Tertinggi Kedua di Anggaran Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)