Minggu, 06 Sep 2020 21:00 WIB

Fans BTS Meninggal Diduga Disiksa Sang Ayah, Ini Tips Jaga Hubungan Anak-Ortu

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Melisa, Fans BTS yang Diduga Bunuh Diri Fans BTS Melisa meninggal dunia diduga disiksa sang ayah. (Foto: Twitter)
Jakarta -

Para Army (sebutan fans BTS) ikut berduka dan merasa kehilangan sesama fans BTS, yaitu Melisa. Meninggalnya Melisa diduga disiksa oleh sang Ayah.

Hal ini dikarenakan Melisa sempat mencurahkan isi hatinya di Twitter soal sang ayah yang membuatnya depresi. Hubungan Melisa dan ayahnya dikabarkan tidak baik.

Banyak netizen menganggap, ayah Melisa menyiksanya karena tidak setuju jika putrinya menyukai Kpop, dan menyuruhnya bunuh diri. Bahkan sang ayah mengatakan bahwa Melisa adalah hal terburuk yang pernah ada.

Psikolog sekaligus konselor Nuzulia Rahma Tristinarum mengatakan, pada dasarnya konflik antara orang tua dan anak merupakan hal yang wajar. Tetapi, harus diperhatikan batasan konflik yang masih bisa disebut wajar.

"Jika ada kondisi gangguan mental yang melatarbelakangi, tentu akhirnya menjadi tidak wajar dampaknya." ujarnya saat dihubungi detikcom, Minggu (06/09/2020).

Rahma mengatakan agar tidak terulang kasus yang sama, kedekatan orang tua dengan anak merupakan hal yang penting. Berbagai cara dapat dilakukan membangun hubungan tersebut, seperti:

- Sering mengobrol
- Tidak membantah saat orang tua menasehati sekalipun tidak setuju
- Berbicara dengan nada rendah atau sedang. Hindari nada tinggi karena bisa membuat tersinggung.
- Sering bercerita hal-hal baik yang terjadi di sekolah atau saat dengan teman-teman agar orang tua tenang bahwa anaknya bisa dipercaya.
- Penuhi janji, misalnya saat pergi bersama teman dan janji pulang jam sekian maka penuhi janji tersebut.
- Mengenalkan teman-teman ke orang tua dan menceritakan hal-hal baik tentang mereka.

"Jika marah dengan sikap orang tua, sebaiknya tidak ditunjukkan di depannya. Masuklah dalam kamar dan luapkan kemarahan dengan cara yang aman, misalnya dengan memukul bantal, guling atau kasur." jelasnya.

"Tenangkan dulu diri sendiri. Jika kondisi sudah membaik dan marah orang tua sudah mereda, coba dekati orang tua dan sampaikan penjelasan kita dengan cara yang baik dan tenang." pungkasnya.



Simak Video "Kasus Bunuh Diri Anak Muda di Korsel Meningkat 2 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)