Minggu, 06 Sep 2020 20:00 WIB

5 Manfaat Jeruk Nipis, Tingkatkan Imun hingga Cegah Keriput

Lusiana Mustinda - detikHealth
Mojito garnished with mint and limes. Manfaat jeruk nipis. Foto: Istock
Jakarta -

Jeruk nipis menjadi salah satu buah dengan sensasi rasa asam yang sering dijadikan ramuan kesehatan. Jeruk nipis mengandung vitamin C, antioksidan dan beberapa bahan lain yang berguna untuk tingkatkan kesehatan.

Di Indonesia jeruk nipis sering diolah untuk campuran minuman. Agar rasanya manis, biasanya jeruk nipis ditambahkan dengan madu untuk diminum setelah mengonsumsi jamu pahit.

Berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Satu buah jeruk nipis mengandung sekitar 19,5 mg vitamin C. Selain itu jeruk nipis juga mengandung magnesium, fosfor dan kalium serta vitamin A, E dan K yang semuanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Mencegah Kerutan

Manfaat jeruk nipis untuk wajah salah satunya adalah mencegah kerutan. Vitamin C memiliki manfaat lebih dari sekedar melawan flu biasa. Vitamin C juga dapat membantu memproduksi kolagen, protein yang membuat kulit, rambut dan kuku lebih kuat. Kolagen dibutuhkan untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menghaluskan kerutan.

Kamu bisa memeras air jeruk nipis dan ditambahkan dengan madu dan air. Racikan ini bisa diminum setiap pagi saat bangun tidur.

3. Kulit Cerah

Jus jeruk nipis mengandung asam sitrat yang digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengupas dan menumbuhkan kulit baru. Setelah mencuci muka dengan pembersih ringan, peras sedikit air jeruk nipis ke dalam piring. Celupkan kapas ke dalam air jeruk nipis dan oleskan sedikit jus langsung pada jerawat. Biarkan jus selama 5-10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Sumber Antioksidan yang Baik

Antioksidan adalah senyawa penting yang melindungi sel tubuh dari molekul yang disebut radikal bebas. Dalam jumlah yang tinggi, radikal bebas dapat merusak sel tubuh dan kerusakan ini telah dikaitkan dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan berbagai jenis kanker.

Jeruk nipis mengandung senyawa aktif tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, termasuk flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin dan asam askorbat.

5. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Dilansir dalam Healthline, zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kadar zat besi yang rendah dalam darah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

Tanda-tanda anemia defisiensi zat besi termasuk kelelahan, kesulitan bernapas saat berolahraga, pucat dan kulit rambut kering. Orang yang menjalankan pola makan vegan atau vegetarian berisiko lebih besar mengalami anemia defisiensi besi, karena produk nabati mengandung sejenis zat besi yang tidak terserap dengan baik seperti zat besi dari daging dan produk hewani lainnya.

Efek samping jeruk nipis

Jeruk nipis terbilang aman buat diminum dan cenderung nihil efek samping. Namun seperti yang dilansir Healthline, pada sejumlah kasus orang yang memiliki gangguan asam lambung, jeruk nipis bisa meningkatkan potensi kambuhnya penyakit. Gejala pencernaan lainnya mungkin termasuk mulas, mual, muntah, dan kesulitan menelan.

Jeruk nipis sangat asam jadi memang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Minum banyak jeruk nipis dapat meningkatkan risiko gigi berlubang, karena asam dalam jeruk nipis dapat mengikis enamel gigi. Untuk melindungi gigi, pastikan untuk minum air putih setelah minum jeruk nipis.

Makanan tinggi vitamin C seperti jeruk nipis dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.



Simak Video "Bukan Seperti Mata Najwa, Ini Teknik Empty Chair yang Sesungguhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)