Senin, 07 Sep 2020 07:40 WIB

4 Cara Aman Minum Kopi di Pagi Hari, Bisa Cegah Asam Lambung Naik

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Secangkir kopi. 4 cara aman meminum kopi di pagi hari, bisa cegah asam lambung naik. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Tujuan seseorang minum kopi di pagi hari agar tubuh menjadi lebih segar dan menghilangkan kantuk. Namun, sebagian orang menghindari minum kopi di pagi hari, karena dipercaya dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Tidak perlu khawatir dan berhenti minum kopi. Sebab, ada tata cara minum kopi yang aman di pagi hari agar tetap sehat. Apa saja itu?

Simak penjelasan cara aman minum kopi di pagi hari. Seperti dikutip dari Health:

1. Minum segelas air

Sebelum Anda menikmati kopi di pagi hari. Sebaiknya, mengkonsumsi air putih terlebih dahulu. Hal ini karena kopi bersifat diuretik (memicu kehilangan cairan), sehingga minum segelas air dapat membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik.

2. Hindari pemanis buatan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, seseorang yang mengkonsumsi pemanis buatan secara berlebihan akan meningkatkan risiko terkena penyakit obesitas, diabetes tipe 2, dan stroke. Jadi, hindari gula tambahan atau menggunakan secukupnya.

3. Takaran gula

Jika Anda tetap ingin menambahkan gula dalam secangkir kopi, disarankan menggunakan sendok gula sebagai takaran agar tidak berlebihan. American Heart Association mengatakan bahwa asupan gula harian yang disarankan adalah enam sendok teh.

Dengan menggunakan takaran, Anda bisa tahu berapa jumlah gula yang digunakan untuk membuat kopi. Sehingga, menghindari konsumsi gula secara berlebihan.

4. Menambahkan rempah

Beberapa orang menganggap cara ini aneh. Sebab, pada dasarnya minum kopi tidak dicampur apapun. Tetapi, tidak salahnya menambah rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, cengkeh, dan pala. Hal ini karena tidak hanya memberikan rasa dan aroma kopi, rempah juga meningkatkan antioksidan di dalamnya.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)