Kamis, 10 Sep 2020 07:11 WIB

Amankah Minum Sisa Air yang Dibiarkan Semalaman?

Elsa Himawan - detikHealth
Closeup image of woman holding a glass of cold water to drink Foto: iStock
Jakarta -

Pada umumnya, kita sering melakukan hal sepele, seperti menyisakan air di dalam gelas sebelum tidur, agar bisa diminum kembali setelah bangun. Rupanya, kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Dikutip dari Readers Digest, air yang dibiarkan di gelas terbuka tidak akan benar-benar bersih seperti kelihatannya. Debu, serpihan, bahkan bisa saja nyamuk yang lewat di atas gelas, dapat menjatuhkan sesuatu ke dalam air.

Selain itu, menurut dr Marc Leavey, MD, seorang spesialis perawatan primer di Mercy Medical Center, menyampaikan bahwa air liur kita juga berpotensi membawa bakteri. Hal ini menyebabkan air yang ada di gelas akan terkontaminasi bila didiamkan dalam waktu yang lama.

"Air liur kita mengandung banyak bakteri, demikian juga kulit bibir kita. Itu sebabnya sisa air yang dibiarkan berjam-jam sebenarnya sudah mengandung bakteri," kata dr Marc.

Tidak hanya itu, botol minum yang tertutup rapat pun sebenarnya bukan wadah yang baik untuk menyimpan air dalam waktu yang lama. Terlebih jika kita sudah pernah meminumnya. Hal ini dikarenakan bagian atas botol yang sudah kontak dengan mulut membuat air menjadi terkontaminasi.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)