Kamis, 10 Sep 2020 16:42 WIB

7 dari 67 RS Rujukan COVID-19 di DKI Sudah Penuh 100 Persen

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/aww. RS Wisma Atlet. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkap rincian data ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI Jakarta. Dari paparan yang disampaikan, sudah ada beberapa rumah sakit yang kapasitasnya penuh.

"Tujuh dari 67 RS rujukan COVID-19 ini penuh (ICU dan ruang isolasi) 100 persen," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/9/2020).

Selain itu, 46 dari 67 rumah sakit rujukan pasien Corona terisi di atas 60 persen. Hanya 14 dari 67 rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI yang terisi di bawah 60 persen.

Khusus di RS Darurat Wisma Atlet, yang dikhususkan untuk pasien status ringan-sedang, dari 2.700 tempat tidur, sudah terisi sekitar 1.600, masih ada sekitar 1.100 untuk perawatan pasien. Di RS Wisma Atlet, disediakan flat isolasi mandiri dengan kapasitas 4.800 kamar yang digunakan untuk menampung pasien OTG dan tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

Prof Wiku juga menyinggung soal rencana penetapan kembali PSBB total di wilayah DKI Jakarta. Dalam lima pekan terakhir sejak PSBB transisi diberlakukan, ia menyebut terjadi kenaikan jumlah pasien Corona yang cukup signifikan di DKI Jakarta.

"Ini adalah kondisi yang ada dan selama lima minggu terakhir DKI Jakarta memang dalam kondisi kota-kotanya zona merah dan ini relatif tetap merah kecuali ada yang pernah oranye dan kembali merah," tutur Prof Wiku.



Simak Video "Tips Jaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Kuat saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya