Minggu, 13 Sep 2020 14:27 WIB

Anies Tegaskan PSBB 14 September, Tak Ada Lagi Isolasi Mandiri!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mural bertema waspada penyebaran virus Corona hiasi jalan di Solo. Lukisan itu dibuat agar para pengguna jalan mematuhi protokol kesehatan guna cegah COVID-19 Gubernur DKI Jakarta menetapkan PSBB ketat 14 September, tidak ada lagi isolasi mandiri. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya kembali memperketat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) besok, 14 September 2020. Beberapa kebijakan diatur termasuk aturan isolasi bagi pasien Corona.

Bila semula isolasi bisa dilakukan di rumah, kini isolasi mandiri tidak lagi diperbolehkan. Ada beberapa tempat yang ditetapkan untuk fasilitas isolasi beberapa pasien Corona.

"Jadi mulai besok semua yang ditemukan positif diharuskan untuk isolasi secara terkendali di tempat-tempat yang telah ditetapkan," kata Anies.

Isolasi di rumah dinilai memicu klaster rumah. Hal ini disebabkan tidak banyak warga yang mengetahui cara aman isolasi mandiri.

"Isolasi mandiri di rumah dihindari karena ini berpotensi pada penularan klaster rumah. Dan ini sudah terjadi karena tidak semua memiliki pengalaman pengetahuan yang bisa menjaga kesehariannya menjaga penularan kepada orang lain," bebernya.

"Bila ada kasus positif yang menolak diisolasi di tempat yang telah ditentukan maka akan dilakukan penjemputan oleh petugas kesehatan bersama dengan aparat penegak hukum," pungkasnya.



Simak Video "Dear Warga DKI, Tak Perlu Panic Buying Jelang PSBB Total Lagi..."
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)