Selasa, 15 Sep 2020 13:20 WIB

Ade Firman Hakim Meninggal Bukan karena COVID-19, Ini Penjelasan Keluarga

Puti Yasmin - detikHealth
Aktor yang tilang Tito Karnavian. Foto: Instagram @adefirmanhakim/Ade Firman Hakim Meninggal Bukan karena COVID-19, Ini Penjelasan Keluarga?
Jakarta -

Aktor dengan nama lengkap Ade Firman Hakim meninggal dunia pada Senin (14/9/2020) di RS Tarakan, Jakarta. Jenazah aktor kelahiran 20 Oktober 1988 itu dimakamkan dengan prosedur COVID-19. Tapi benarkah Ade Firman meninggal lantaran COVID-19?

Menurut adik dari Ade Firman, Dai Tirta Yusli sebelum meninggal dunia, pekan lalu kondisi kakaknya sempat drop. Namun saat itu Ade Firman masih bisa memegang HP dan berkomunikasi dengan sejumlah rekan.


Hanya saja, nyawa Ade Firman Hakim tidak tertolong. Ia mengembuskan napas saat menjalani perawatan di hari Senin, pukul 17.20 WIB."Minggu lalu sudah drop parah, tapi masih pegang HP. Masih berusaha pegang HP, kontak teman-temannya, saya larang. Akhirnya makin drop saya bawa ke rumah sakit suspect COVID," jelas dia.

"Akhirnya tadi 17.20 WIB saya dipanggil dokter bilang sudah nggak ada (Ade Firman)," sambung dia.

Dai mengungkapkan Ade Firman Hakim meninggal dunia bukan karena COVID-19. Melainkan karena riwayat sakit asma dan pneumonia yang telah diidapnya sejak lama.

"Kakak saya gak meninggal karena COVID kok. Jadi gini, kakak saya ini kan punya pneumonia, riwayatnya dari tahun 2000 ya pokoknya ada lah agak lama," ungkap Dai.

Hanya saja, Ade Firman mesti dimakamkan dengan prosedur COVID-19 karena mengikuti aturan saat ini. Sedangkan, hasil SWAB tesnya belum keluar sehingga tidak membuktikan Ade Firman terinfeksi virus corona.

"Karena prosedur SWAB belum keluar dan sudah meninggal tetap harus dimakamkan secara protokol COVID dari ketetapan pemerintahnya begitu. Belum keluarg (hasil SWAB) dari pihak rumah sakitnya, belum keluar. Bukan karena COVID, karena nggak ada hasil lab yang menunjukkan kalau kakak saya terpapar corona," kata dia.

Selamat jalan Ade Firman Hakim!



Simak Video "Vaksin Corona Belum Direkomendasikan untuk Anak-anak dan Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)