Rabu, 16 Sep 2020 16:42 WIB

Sekda DKI Meninggal, Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Permukaan Benda?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal/Sekda DKI Meninggal, Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Permukaan Benda?
Jakarta -

Setelah berjuang melewati masa kritis karena terjangkit virus Corona, Sekretaris Daerah atau Sekda DKI Jakarta, Saefullah, meninggal dunia pada Rabu (16/9/2020). Sebelum wafat, Saefullah sempat menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

"Mohon doakan .. Bagi semua .. segerakan ambil air wudhu dan siang ini kita semua selenggarakan sholat ghaib utk almarhum," tulis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dikonfirmasi anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Naufal Firman Yursak.

Meninggalnya Sekda DKI Jakarta, Saefullah, menjadi pengingat bahwa virus corona dan pandemi COVID-19 bisa menginfeksi siapa saja dan masih menjadi musuh bersama. Selain karena kontak dengan penderita COVID, seseorang bisa saja tertular ketika menyentuh benda atau permukaan yang terkontaminasi virus Corona.

Dikutip dari situs badan kesehatan dunia WHO, virus corona bertahan di permukaan benda namun tidak diketahui berapa lama. "Virus corona bertahan di permukaan benda dengan kisaran waktu dua jam hingga sembilan hari. Daya tahan bergantung pada beberapa faktor misal tipe permukaan, suhu, nilai kelembaban relatif, dan strain khusus dari virus tersebut," tulis WHO.

Dikutip dari Web MD, berikut perkiraan berapa lama virus corona bertahan di permukaan benda. Perkiraan ini bisa menjadi panduan dan motivasi untuk melakukan pencegahan COVID-19, sehingga bisa menekan risiko infeksi dan total kasus yang bisa terjadi.

1. Logam

Contoh: pegangan pintu, perhiasan, dan perlengkapan perak

Virus corona kira-kira bertahan lima hari

2. Kayu

Contoh: furniture, penghias rumah

Virus corona kira-kira bertahan empat hari

3. Plastik

Contoh: berbagai kemasan produk, tempat duduk di fasilitas umum, dan tombol di lift

Virus corona kira-kira bertahan 2-3 hari

4. Stainless steel

Contoh: refrigerator, perlengkapan makan dan memasak

Virus corona kira-kira bertahan 2-3 hari

5. Kardus

Contoh: kotak kemasan

Virus corona kira-kira bertahan 24 jam

6. Tembaga

Contoh: uang receh, perlengkapan minum teh, dan memasak

Virus corona kira-kira bertahan 4 jam

7. Aluminium

Contoh: kaleng soda, botol

Virus corona kira-kira bertahan 2-8 jam

8. Kaca

Contoh: gelas, cermin, jendela

Virus corona kira-kira bertahan lebih dari lima hari

9. Keramik

Contoh: piring, peralatan tanah liat, dan mug

Virus corona kira-kira bertahan lima hari

10. Kertas

Contoh: koran, kertas surat

Bergantung strain virus dengan variasi beberapa menit hingga lebih dari lima hari

Informasi ini menjadi pengingat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar setiap hari. Upaya ini bisa dilakukan dengan menyemprotkan larutan disinfektan untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona.

Larutan disinfektan untuk mencegah virus corona bisa diperoleh dengan mencampur cairan pemutih atau karbol dengan air biasa. Selanjutnya, larutan disemprotkan pada permukaan benda.



Simak Video "Mari Lakukan Protokol Kesehatan untuk Membantu Sesama"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)