Kamis, 17 Sep 2020 12:56 WIB

Kapan Pengemudi Mobil Disarankan Pakai Masker? Ini Kata Ahli

Nafilah Sri Sagita K, Firdaus Anwar - detikHealth
Sejumlah petugas Polisi Lalu Lintas (Polantas) melakukan tindakan penilaian terhadap mobil berplat genap di kawasan perluasan jalan ganjil genap,  Simpang Besar Matraman,  Jakarta,  Senin (9/9).  Penindakan tilang tersebut mulai diberlakukan pada hari ini (9/9) setelah pihak Kepolisian dan Dishub  melakukan sosialisasi perluasan rasa jalan ganjil genap selama satu bulan. Masih banyak mobil yang ditilang pada hari ini dengan alasan tidak mengetahui perluasan ruas jalan ganjil genap. Viral ditilang karena tak pakai masker saat menyetir mobil sendirian. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta -

Di media sosial viral cerita soal pengemudi mobil yang ditilang karena tak pakai masker di DKI Jakarta. Hal ini jadi perhatian karena ada pendapat seharusnya masker tidak wajib dipakai bila seorang berkendara sendirian di dalam mobil.

"Sendirian di mobil kok di razia masker??? Guna masker emg apa coba hayoooo???" komentar satu pengguna Twitter.

Aturan memakai masker di dalam mobil di DKI Jakarta memang tertuang dalam Pasal 18 Pergub Nomor 88 Tahun 2020. Disebutkan bahwa pengguna kendaraan mobil penumpang pribadi diwajibkan memakai masker.

dr Aaron Hamilton dari Cleveland Clinic Main Campus menjelaskan sebetulnya berkendara sendirian di dalam mobil adalah skenario yang rendah risiko. Oleh karena itu masker tidak harus selalu digunakan.

"Hanya saja ada beberapa skenario yang membuat memakai masker jadi masuk akal untuk melindungi orang lain saat pandemi ini. Salah satunya bila di dalam mobil ada orang lain yang ikut menumpang," kata dr Aaron seperti dikutip dari Cleveland Clinic, Kamis (17/9/2020).

"Anda juga sebaiknya memakai masker saat menurunkan jendela mobil untuk berinteraksi dengan orang lain. Misalnya saat di drive-thru atau lokasi sejenis," lanjutnya

dr Aaron juga menyarankan orang-orang yang sering berhenti atau banyak tempat pemberhentian lebih baik selalu memakai masker. Alasannya agar masker tidak terlalu sering dilepas pasang sehingga malah lebih mudah terkontaminasi.

Sementara itu, ahli paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP, menegaskan seseorang wajib menggunakan masker saat di mobil, ketika mobil usai digunakan orang lain.

"Kalau ada orang lain atau bekas dipakai orang mobilnya," jelasnya saat dihubungi detikcom Kamis (17/9/2020).

"Mobil sebaiknya bila dipakai orang lain didesinfeksi dulu," lanjutnya.



Simak Video "Catat! Standar SNI untuk Masker Kain: Minimal Dua Lapis"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)