Jumat, 18 Sep 2020 12:56 WIB

Radang Tenggorokan Bikin Susah Menelan? Coba Konsumsi Makanan Ini

Yudistira Imandiar - detikHealth
radang tenggorokan Foto: shutterstock
Jakarta -

Radang tenggorokan terjadi akibat masalah infeksi virus atau bakteri, seperti influenza. Penyakit ini menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di tenggorokan. Radang tenggorokan mengakibatkan kesulitan saat menelan makanan. Oleh sebab itu, makanan bertekstur lembut lebih cocok dikonsumsi saat mengalami masalah tenggorokan.

Mengutip MedicalNewsToday, ada sejumlah jenis makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk penderita radang tenggorokan. Selain karena alasan tekstur, kudapan ini juga dipercaya dapat meredakan masalah peradangan.

Jus Delima

Buah delima yang dihaluskan mudah untuk ditelan dan dapat menimbulkan rasa panas di tenggorokan. Buah berwarna merah ini dapat mengatasi infeksi dan meredakan peradangan.

Sup Ayam

Makanan berkuah ini tentu akan mudah mengalir ke dalam tenggorokan sehingga tak menyebabkan rasa sakit saat menelan. Sayuran dan ayam dipercaya memiliki zat anti peradangan yang dapat meredakan sakit tenggorokan.

Madu

Cairan kental yang diproduksi lebah dari nektar bunga ini sejak lama dikenal memiliki banyak khasiat. Madu dapat membantu meredakan peradangan dan menyembuhkan luka di tenggorokan. Tekstur madu juga mampu memberikan rasa nyaman di tenggorokan yang radang.

Jahe

Rempah yang dapat menghadirkan rasa hangat ini ternyata punya zat anti peradangan. Oleh sebab itu, mengonsumsi jahe menjadi salah satu cara untuk meredakan radang tenggorokan. Jahe dapat dicampur dalam masakan seperti sup, atau dijadikan minuman seperti wedang dan susu jahe.

Pisang

Tekstur pisang yang lembut membuatnya mudah ditelan. Selain itu, buah berwarna kuning atau hijau ini punya kandungan karbohidrat dan vitamin A yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh dan mempercepat penyembuhan penyakit.

Nah, itu dia beberapa makanan yang dapat dijadikan pilihan kudapan saat tenggorokan meradang. Makanan-makanan tersebut juga mudah dijumpai.

Jika ragu untuk keluar rumah karena kondisi pandemi, beli kebutuhan makanan lewat GrabGroceries. Kamu dapat menemukan berbagai bahan makanan dari gerai-gerai terpercaya. Caranya cukup buka aplikasi Grab, pilih menu Groceries lalu pilih gerai terdekat dari lokasi, setelah itu input bahan-bahan makanan yang ingin dibeli. Mitra pengemudi Grab akan mengantarkan pesananmu dengan mengedepankan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan COVID-19.



Simak Video "Cara Ilmuwan Deteksi Kerumunan Masyarakat Saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)