Jumat, 18 Sep 2020 15:03 WIB

Cegah Penularan COVID-19 di Keluarga, Ini 3 Tips Ampuh dari Dokter Paru

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Warga melintas di depan mural bertemakan Lawan COVID-19 di kawasan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, Senin (6/7). Menurut keterangan warga mural tersebut merupakan aksi lomba membuat mural bertemakan COVID-19 dengan tujuan mengkampanyekan untuk selalu menerapkan protkoler kesehatan di era New Normal. Virus Corona COVID-19. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 bisa menular di mana dan kapan saja, termasuk di lingkungan keluarga. Bahkan tak sedikit orang yang harus kehilangan anggota keluarganya akibat terinfeksi penyakit ini.

Maka dari itu, berbagai pencegahan pun harus dilakukan agar kamu dan keluarga bisa aman dari penularan COVID-19. Terlebih jika kamu harus beraktivitas di luar rumah karena tuntutan pekerjaan.

Dijelaskan oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr dr Agus Dwi Susanto SpP(K), berikut tips mencegah penularan COVID-19 di lingkungan keluarga.

1. Minta anggota keluarga agar tetap di rumah

dr Agus mengatakan, sebaiknya ingatkan anggota keluarga agar tidak perlu melakukan aktivitas di luar rumah jika tidak penting. Pasalnya, risiko penularan COVID-19 akan jauh lebih besar jika berada di luar rumah.

"Diharapkan para keluarga untuk tetap tinggal di rumah karena potensi penularan itu muncul ketika ada kontak erat dengan orang yang sakit di luar rumah," kata dr Agus dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Jumat (18/9/2020).

Sementara itu, dr Agus menegaskan bagi kamu yang harus beraktivitas di luar rumah sebaiknya tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan.

2. Segera bersihkan diri setelah pulang ke rumah

Menurut dr Agus, saat tiba di rumah kita perlu memastikan tidak membawa virus dari luar. Maka dari itu, segera bersihkan diri ketika sampai di rumah.

"Misalnya, sebelum masuk alat-alat kita bersihkan terus langsung ganti baju, kemudian mandi, bajunya harus dipisah lalu dicuci, baru setelah semuanya bersih kita bisa bertemu dengan keluarga," jelasnya.

3. Pakai masker jika berinteraksi dengan kelompok rentan

dr Agus mengingatkan, mungkin di rumah kita memiliki anggota keluarga yang termasuk dalam kelompok rentan, seperti orang tua dan anak-anak. Oleh karena itu, penggunaan masker saat berinteraksi dengan mereka cukup diperlukan agar menghindari risiko penularan COVID-19.

"Apabila kita beraktivitas di luar rumah, disarankan tetap selama berkontak dengan keluarga kita yang rentan tersebut di dalam rumah tetap menggunakan masker," tuturnya.



Simak Video "Satgas Sebut Banyak Orang Masih Tak Percaya Bahaya Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)